-->

Format RRP 1 lembar, Pendidikan Agama Hindu KLs 7

Post a Comment

FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
01

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/susila
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok :sad atatayi
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menguraikan pengertian sad atatayi
Peserta didik dapat menyebutkan bagian- bagian sad atatayi
2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, gambar terkait sad atatayi

2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
1. Uraikanlah pengertia sad atatayi!
2. Sebutkanlah bagian – bagian saad atatayi!

2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 59

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang penertian dan bagian bagian sad atatayi
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Sad atatyi berasal dari kata sad yang atinya enam, dan atatayi artinya pembunuhan . jadi sad atatayi artinya enam macam pembunuhan yang kejam, terdiri dari, agnida, wisada, atharwa, sastraghna, dratikrama, raja pisuna.
2.4.2. Penilaian
Tes lisan




Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


Catatan lainnya sebagai pelengkap




FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
02

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/susila
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok :sad atatayi
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menceritakan cerita tentang sad atatayi

2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, film mahabarata

2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
Ceritakanlah salah satu cerita tentang sad atatayi
2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 63

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang cerita sad atatayi
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Cerita sad atatyi , “ korawa membakar rumah kardus “.
2.4.2. Penilaian
Tes lisan

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



Catatan lainnya sebagai pelengkap






FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
03

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/susila
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok :sad atatayi
Alokasi waktu :3X40 Menit

3. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menguraikan cara menghindarkan diri dari akibat  negative sad atatayi

4. 2.1. Alat dan Bahan
4.1.1. Alat :Lapto, infokus, film mahabarata

4.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
4.1.3. Pertanyaan
Uraikanlah cara menghindari damak negative dari  sad atatayi
4.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 64

4.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang cara menghindari dampak negative sad atatyi
4.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
4.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Cara menghindari dampak negative sad atatyi : sembahyang, taat pada catur guru, tirtayatra, latihan darma gita, hindari pembunuhan, olah raga yang teratur, catur berate, kebaikan, .
4.4.2. Penilaian
Tes lisan


Jermbrana, ….................... 20….

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



…………………….. ………………………………………
NIP. NIP.



Catatan lainnya sebagai pelengkap





FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
04

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/weda
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok :Kepemimpinan
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menguraikan pengertian kepemimpinan
Peserta didik dapat menjelaskan kepemimpinan dalam hindu

2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, gambar tooh pemimpin hindu

2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
Uraikan pengertian kepemimpinan!
Jelaskan kepemimpinan dalam hindu!


2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 72

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang pengertian kepemimpinan dan kepemimpinan dalam hindu
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Kepemimpinan adalah proses memimpin , menejer , mengerakan suatu organisasi lembaga birokrasi.
Kepemimpinan  hindu  banyak memiliki istilah seperti adipatyam artinya raja tertinggi. Nayakatwam artinya pemimpin. , .
2.4.2. Penilaian
Tes lisan


Jermbrana, ….................... 20….

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



…………………….. ………………………………………
NIP. NIP.



Catatan lainnya sebagai pelengkap

FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
05

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema         :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/weda
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok :Kepemimpinan
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutka tipelogi kepemimpinan hindu

2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, gambar tooh pemimpin hindu

2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
Sebutkanlah tipelogi kepemimpinan hindu!

2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 76

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang tipelogi kepemimpinan hindu
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Tipelogi kepemimpinan hindu : karismati, paternalistic, maternalistik, otokrasi, populistik, demokratif, ekskutif.
2.4.2. Penilaian
Tes lisan


Jermbrana, ….................... 20….

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



…………………….. ………………………………………
NIP. NIP.



Catatan lainnya sebagai pelengkap


FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
06

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/weda
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok :Kepemimpinan
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan contoh kepemimpnan yang baik
2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, gambar tokoh pemimpin hindu
2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
Sebutkanlah tipelogi kepemimpinan hindu!
2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 83
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang contoh kepemimpinan yag baik
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Contoh kepemimpinan yang baik: darma wangsa.
2.4.2. Penilaian
Tes lisan


Jermbrana, ….................... 20….

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



…………………….. ………………………………………
NIP. NIP.



Catatan lainnya sebagai pelengkap



FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
07

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/acara
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok : Yadnya
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menguraikan pengertian yadnya!
Peserta didik dapat menyebutkan jenis – jenis yadnya !
2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, gambar / film yadnya

2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
Uraikanlah pengertian yadnya!
Sebutkanlah jenis – jenis yadnya !

2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 90

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang pengertian dan jenis – jenis yadnya
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Yadnya adalaha :korban suci yang tulus iklas tanpa pamrih..
Jenis – jenis yadnya: dewa , rsi , fitra,manusa .bhuta yadnya
2.4.2. Penilaian
Tes lisan


Jermbrana, ….................... 20….

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



…………………….. ………………………………………
NIP. NIP.



Catatan lainnya sebagai pelengkap




FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
08

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/acara
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok : Yadnya
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapa menyebutkan bentuk pelaksanaan yadnya
2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, gambar / film yadnya

2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
Sebutkanlah bentuk pelaksanaan  yadnya!

2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 92

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang bentuk pelaksanaan yadnya
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Bentuk pelaksanaan yadnya : .Widhi yadnya, dreya yadnya, jnana yadnya, tapa yadnya.

2.4.2. Penilaian
Tes lisan


Jermbrana, ….................... 20….

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



…………………….. ………………………………………
NIP. NIP.



Catatan lainnya sebagai pelengkap




FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
09

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/acara
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok : Yadnya
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan  syarat – syarat   yadnya

2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, gambar / film yadnya

2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
Sebutkanlah syarat – syarat  pelaksanaan  yadnya!


2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 92

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang syarat – syarat  pelaksanaan yadnya
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Syarat – syarat pelaksanaan yadnya : sastra, sradha, lascarya, daksina, mantra, nasmuta dan ana sewana

2.4.2. Penilaian
Tes lisan


                                            Jermbrana,

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



…………………….. ………………………………………
NIP.                    NIP.



Catatan lainnya sebagai pelengkap



FORMAT RPP. PERMENDIKBUD RI NO 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
10

Nama satun Pendidikan :SMP
Mata Pelajaran/Tema :Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti/acara
Kelas / Semester :VII/ genap
Materi Pokok : Yadnya
Alokasi waktu :3X40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan  kualitas
Peserta dididk dapat menyebutkan tingkatan yadnya 

2. 2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :Lapto, infokus, gambar / film yadnya

2.1.2. Bahan
Buku pendidikan agama hindu dan budi pekerti kls VII Kemendikbud, 2017, Jakarta
2.1.3. Pertanyaan
Sebutkanlah kualitas   yadnya!
Sebutkanlah tingkatan yadnya !

2.2. Siswa berlatih praktik / mengerjakan tugas halaman buku 92

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok / individu
Tentang kualitas dan tingkatan yadnya
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian hasil pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Kualitas yadnya terdiri dari: satwika yadnya, rajasika yadnya,, tamasika yadnya
Tingkatan yadnya terdiri dari , nista, madya , utama

2.4.2. Penilaian
Tes lisan


Jermbrana, ….................... 20….

Mengetahui  Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



…………………….. ………………………………………
NIP. NIP.



Catatan lainnya sebagai pelengkap














Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter