-->

Ciri-ciri Penyakit Karena Pemali



Ciri-ciri Penyakit Karena Pemali

Ada yang mengatakan bahwa pemali ini berasal dari kata pa-mali. Mali adalah ungkapan untuk wanita, sedangkan mali ungkapan untuk  laki-laki. Mala berarti leteh, kotor, tidak suci. 

Gejala penyakit pemali ini adalah sakit di tubuh bagian dalam seperti ditusuk-tusuk. Dikatakan bahwa sakit ini akibat adanya angin atau udara yang  terjepit di dalam tubuh, terutama di daerah tulang rusuk dekat perut disebelah kiri atau kanan. di daerah peliokan. Udara ini tidak dapat bergerak karena dikitari oleh api yang ada di dalam tubuh. Bila hal ini berlangsung lama. maka air di dalam tubuh akan meningkat jumlahnya dan ikut mengurung udara ini. Jadi badan orang yang menderita pemali mula-mula panas karena ada api kemudian makin lama makin berkurang panasnya karena apinya berkurang, diganti oleh air sehingga badan menjadi dingin. Tetapi sakit menusuk nusuk  terus berlangsung, karena udara terus terjepit. 

Beberapa jenis Penyakit Pemali yang sering muncul ialah: 

1. Pemali Brahma, sakit pada sendi seperti ditusuk-tusuk. Kulit terasa panas seperti dibakar api. pikiran waswas, pati kacuh kata-katanya mata nyalang. 

2.Pemali budeng temunen, sakit di ulu hati menggeluntu, seperti ditusuk-tusuk,  ngancuk-ancuk.

3.Pemali jaran guyang,  di samping sakit menusuk-nusuk disertai gelisah, ibuk berkata keras seperti orang gila.

4.Pemali rangsek, perut sakit seperti ditusuk-suk dan berpindah-pindah tempatnya panas terasa sesak.

5. Pemali tiwang, pemali yang disertai kejang-kejang

6.Pemali tiwang papasangan, sakit menusuk-nusuk didaerah punggung dan dada, seperti ditunggek-tungek, keluhan rintihan dari penderita. 

Beberapa usada. yang memuat tentang  pemali ini ialah Usada Dalem Jawi, Usada Ceraken Tingkeb, Usada Ratuning Usada dll. Penyakit pemali ini adalah sakit-menusuk-nusuk didaerah perut dan dada. Yang paling sering adalah daerah diantara perut dan dada, yakni di daerah peliokan. daerah pinggang di kiri atau kanan. sakitnya ngilut-ilut (kolik)


~dikutip dari: Usada Bali (Dr. Ngurah Nala)

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe Our Newsletter