RENCANA
PELAKSANAANPEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Negara
MataPelajaran :
BahasaIndoesia
Kelas/Semester : VIII/Satu
MateriPokok :
Buku Fiksi dan Nonfiksi
AlokasiWaktu :
18 X 40
A.
Kompetensi Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4. Mencoba,mengolah,dan menyaji, dalam ranah kongkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasa dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang ) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KompetensiDasar dan Indikator
PencapaianKompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.17.1 Menemukan Informasi dalam
buku fiksi dan nonfiksi
3.17.2 Menuliskan informasi buku
melalui indeks.
3.17.3 Menuliskan tentang isi buku
yang dibaca.
|
4.17 Membuat peta konsep/ garis alur dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
4.17.1 Menuliskan kembali atau meringkas
peta konsep isi buku yang dibaca
4.17.2 Mempresentasikan teknik membaca untuk
menemukan isi pokok buku yang dibaca.
|
3.18 Menelaah unsur
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.18.1 Mengungkapkan unsure kebahasaan dalam buku
fiksi dan nonfiksi dibaca.
3.18.2 Menjelaskan unsur-unsur menarik lainnya
dalam buku fiksi yang dibaca.
|
4.18 Menyajikan tanggapan
terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
secara lisan/ tertulis
|
4.2.1 Menuliskan daya tarik bacaan buku fiksi
dan nonfiksi
4.2.2 Mempresentasikan tentang isi buku fiksi
dan nonfiksi yang dibaca.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan membaca buku
fiksi dan nonfiksi, siswa mampu menggali informasi dari buku yang dibaca dengan
benar
2. Dengan
mendengarkan atau membaca buku fiksi dan
nonfiksi, siswa mampu memahami tentang isi buku yang dibaca.
3. Dengan
mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu menuliskan isi
buku yang dibaca.
4. Dengan
mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu menuliskan peta
konsep isi buku yang dibaca
5. Dengan
mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mempresentasikan
teknik membaca untuk menemukan isi buku yang dibaca
6. Dengan mendengarkan
atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mengungkapkan unsure
kebahasaan buku yang dibaca
7. Dengan mendengarkan
atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mengungkapkan unsure-unsur
menarik lainnya dalam buku yang dibaca
8. Dengan mendengarkan
atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mengungkapkan daya tarik buku
yang dibaca
9. Dengan mendengarkan
atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mengungkapkan isi buku yang dibaca
Nilai Karakter : Rasa ingin tahu, percaya diri dan
toleransi
D.Materi Pembelajaran
I. Materi Reguler
1. Pengertian buku fiksi dan
nonfiksi
2. Ciri buku fiksi dan nonfiksi
3. Contoh buku fiksi dan nonfiksi
4. Peta konsep isi buku
5. Teknik membaca buku
6. Unsur kebahasaan buku fiksi dan
nonfiksi
7. Unsur-unsur menarik lainnya dalam
buku fiksi
II. Materi Pengayaan
1. Pengertian buku fiksi dan
nonfiksi
2. Ciri buku fiksi dan nonfiksi
3. Contoh buku fiksi dan nonfiksi
4. Peta konsep isi buku
5. Teknik membaca buku
6. Unsur kebahasaan buku fiksi dan
nonfiksi
7. Unsur-unsur menarik lainnya dalam
buku fiksi
III. Materi Remidial
1. Pengertian buku fiksi dan
nonfiksi
2. Ciri buku fiksi dan nonfiksi
3. Contoh buku fiksi dan nonfiksi
4. Peta konsep isi buku
5. Teknik membaca buku
6. Unsur kebahasaan buku fiksi dan
nonfiksi
7. Unsur-unsur menarik lainnya dalam
buku fiksi
E. MetodePembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F.MediaPembelajaran
1. Contoh beberapateks laporan
2. Video
3. Internet
G. Sumber Belajar
1) Buku paket
2) Kamus Besar Bahasa Indonesia
3) Internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons
salam,berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja
kursi.
2) Guru menugasi siswa membaca materi
selanjutnya pada buku paket Bahasa Indonesia.
3) Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan
melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai,yaitu mrenggali informasi dalam buku fiksi dan nonfiksi
5) Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup
penilaian,yaitu pengetahuan dan ketrampilan.
b. KegiatanInti (100 menit)
1) Siswa mencermati informasi buku
fiksi dan nonfiksi.
2) Siswa mengajukan pertanyaan tentang
informasi buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca.
3) Siswa mencari dan menemukan informasi
buku melalui indeks buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
4) Siswa mencari dan menemukan catatan
tentang isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
c.KegiatanPenutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa
menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru bersama
siswa melakukan evaluasi
kegiatan pembelajaran khususnya
kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam
proses pembelajaran menggali informasi buku fiksi dan nonfiksi.
4) Guru menyampaikan
tugas kepada siswa, yaitu mecatat tentang isi buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca.
5) Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang
paling mengesankan.
2. Pertemuan kedua: 3 JP
a. Kegiatan pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons
salam,berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja
kursi.
2) Guru menugasi siswa membaca
materi selanjutnya pada buku paket Bahasa Indonesia.
3) Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan
melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai,yaitu menyajikan peta konsep dari isi buku fiksi dan nonfiksi.
5) Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup
penilaian,yaitu pengetahuan dan ketrampilan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Dengan difasilitasi pendidik, siswa
membuat kelompok terdiri atas 4-5 orang per kelompok.
2) Siswa
dan pendidik membahas peta konsep isi buku dan teknik membaca untuk menemukan
isi pokok buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
3) Siswa secara
berkelompok mecatat setiap bagian penting dari setiap buku dengan bentuk peta
konsep.
4) Siswa secara berkelompok bergantian
mempresentasikan peta konsep yang dibuat.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa
menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru bersama
siswa melakukan evaluasi
kegiatan pembelajaran khususnya
kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam
proses pembelajaran mengenai peta konsep isi buku dan teknik membaca untuk
menemukan isi buku.
4) Guru menyampaikan
tugas kepada siswa, yaitu menerapkan teknik membaca untuk menemukan isi pokok
buku yang dibaca.
5) Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang
paling mengesankan.
3.
Pertemuan ketiga: 3 JP
a. Kegiatan pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons
salam,berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja
kursi.
2) Guru menugasi siswa membaca
materi selanjutnya pada buku paket Bahasa Indonesia.
3) Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan
melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai,yaitu menelaah unsur-unsur penting dalam buku fiksi dan nonfiksi.
5) Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup
penilaian,yaitu pengetahuan dan ketrampilan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Siswa mencermati materi buku
fiksi dan nonfiksi.
2) Siswa dengan difasilitasi pendidik
membahas unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
3) Siswa mencari dan menemukan unsur
kebahasaan dalam buku fiksi.
4)Siswa
dengan difasilitasi pendidik membahas, mencari, dan menemukan unsur kebahasaan
dan unsur menarik lainnya dalam buku fiksi
c.Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa
menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru bersama
siswa melakukan evaluasi
kegiatan pembelajaran khususnya
kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam
proses pembelajaran menelaah unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
4)
Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu menemukan unsur kebahasaan dan
unsur menarik lainnya dalam buku fiksi
5) Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang
paling mengesankan.
4. Pertemuan keempat:3
JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons
salam,berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja
kursi.
2) Guru menugasi siswa membaca
materi selanjutnya pada buku paket Bahasa Indonesia.
3) Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan
melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai,yaitu menyajikan daya tarik dari isi buku fiksi dan nonfiksi.
5) Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup
penilaian,yaitu pengetahuan dan ketrampilan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Dengan difasilitasi pendidik, siswa
membuat kelompok terdiri atas 4-5 orang per kelompok.
2) Siswa
dan pendidik membahas daya tarik buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
3) Siswa secara
berkelompok mecatat daya tarik dan isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
4) Siswa secara berkelompok bergantian mempresentasikan
daya tarik dan isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibuat.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan
pembelajaran.
2)
Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran khususnya
kekurangan.
3)
Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran menyajikan daya
tarik dari isi buku fiksi dan nonfiksi.
4)
Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu menyajikan daya tarik dari
isi buku fiksi dan nonfiksi..
5) Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya .
I.Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian pengetahuan dilakukan
dengan teknik tes
tulis.
b. Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik
kinerja.
2. Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
a.
Instrumen Uraian
Soal:
1.
Catatlah informasi-informasi penting dari salah satu buku
yang telah kamu baca!
2.
Jelaskan alasan penting informasi-informasi itu!
3.
Sampaikanlah catatan itu kepada teman-temanmu untuk mereka
tanggapi!
b. Kriteria penilaian
NO.
SOAL
|
UKURAN
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Kelengkapan
|
10
– 25
|
2
|
Kelengkapan
|
10
– 25
|
3
|
Kelengkapan
|
10
– 25
|
4
|
Kelengkapan
|
10
– 25
|
Jumlah
|
40
– 100
|
Pertemuan kedua
a. Instrumen penilaian
Soal:
1.
Catatlah setiap bagian penting dari setiap buku fiksi dan
nonfiksi yang kamu baca dalam bentuk peta konsep!
2.
Presentasikan peta konsep yang telah kamu buat dengan
memperhatikan aspek kejelasan, kelengkapan dan keruntunan sistematikanya.
b. Kriteria penilaian
NO.
SOAL
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
1
|
Kesesuaian
isi
|
0
– 25
|
Ejaan
dan tanda baca
|
0
– 25
|
|
Kalimat
efektif
|
0
– 25
|
|
Kohesi
dan koherensi
|
0
– 25
|
|
0
– 100
|
||
2
|
Kejelasan
lafal
|
0
– 25
|
Ketepatan
intonasi
|
0
– 25
|
|
Artikulasi
dan mimik
|
0
– 25
|
|
Volume
suara dan kinesik
|
0
– 25
|
|
0
– 100
|
PertemuanKetiga
a.
Instrumen penilaian
1.
Bacalah sebuah cerpen dengan baik!
2.
Catatlah hal-hal menerik dari cerpen tersebut yang berkenaan
dengan unsure-unsur kebahasaan buku fiksi!
b. Kriteria Penilaian
Aspek
|
Nilai
(1-4)
|
Keterangan
|
a.
Kesesuaian jawaban dengan isi cerita
|
||
b.
Kelengkapan unsure-unsur jawaban
|
||
c.
Kejelasan pemaparan jawaban
|
||
d.
Kebakuan ejaan/tanda baca
|
Pertemuan keempat
a.
Instrumen penilaian
Soal :
Manakah pernyataan-pernyataan di
bawah ini yang mengandung masalah?
1.
Amanat cerpen yang mengurai
2.
Cerita dalam novel yang banyak menggunakan kata kasar.
3.
Tema cerpen yang lebih menghebatkan kehidupan orang-orang
Barat.
4.
Tokoh suatu cerita menggambarkan sosok pelajar pedesaan.
5.
Latar novel yang menggunakan waktu zaman sebelum kemerdekaan.
b.
Kriteria penilaian
Pernyataan
|
Masalah
|
Bukan Masalah
|
Alasan
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
6.
|
Mengetahui:
|
Jembrana,
15 Januari 2019
|
||||
Kepala
SMP Negeri 1 Negara,
|
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
|
||||
I Made
Riantori, M.Pd
|
Ni Putu
Wina Astuti, S.Pd
|
||||
NIP.
19630813 198403 1 008
|
NIP.
|
Post a Comment
Post a Comment