Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran diskusi, pengamatan dan Tanya jawab baik individu maupun
kelompok peserta didik dapat :
1. Menghayati
Avatara, Deva dan Bhatara dalam agama Hindu
2. Menunjukkan
sikap dan prilaku yang baik dalam mengamalkan pemahaman terhadap Avatara, Deva
dan Bhatara dalam agama Hindu
3. Menjelaskan
konsep Avatara, Deva dan Bhatara dalam agama Hindu
4. Menunjukkan
konsep cerita Avatara, Deva dan Bhatara dalam agama Hindu
B.
Kompetensi
Dasar
No.
|
Kompetensi Dasar
|
1
|
1.1 Menghayati konsep Avatara, Deva dan Bhatara dalam agama Hindu
|
2
|
2.1. Menunjukkan ajaran Avatara, Deva dan Bhatara dalam kehidupan
sehari-hari
|
3
|
3.2. Memahami konsepsi Avatara, Deva dan Bhatara dan dalam agama
Hindu
|
4
|
4.2. Menceritakan konsepsi Deva, Bhatara dan Avatara dalam agama Hindu.
|
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
No
|
Indikator
|
1.1.1.
|
1.1.2. Merasakan manfaat mempelajari Avatara, Deva dan
Bhatara dengan selalu bersyukur
1.1.3. Mengamalkan konsep Avatara, Deva dan Bhatara
dengan tekun berdoa
|
2.1.
|
2.1.1.Berprilaku jujur sebagai amalan ajaran Avatara, Deva dan
Bhatara dalam kehidupan
2.1.2. Menumbuhkan sikap santun terhadap sesama sebagai
pengamalan dalam meyakini Avatara,
Deva dan Bhatara
2.1.2. Menumbuhkan sikap toleransi terhadap sesama sebagai
pengamalan dalam meyakini Avatara,
Deva dan Bhatara
|
3.2.
|
3.2.1
Menjelaskan konsep sradha dalam agama Hindu
3.2.2
Menjelaksan
konsep dewa dan bhatara
3.2.3
Menyebutkan
nama-nama dewa dan bhatara dalam agama Hindu
|
4.2.
|
4.2.1
Menghubungkan
konsep sradha dengan keberadaan Dewa, Bhatara dan Awatara.
4.2.2
Mengidentifikasi nama
dewa dan bhatara sesuai tugas dan fungsinya
|
D.
Materi
Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan
Pertama
a.
Pengertian
Sradha
Dalam bahasa Sanskerta, kenyakinan
itu disebut srad. Lalu diadopsi ke dalam bahasa Jawa Kuno atau bahasa Kawi menjadi
Sraddha yang berarti keyakinan. Yang dimaksud dengan Sraddha dalam hal ini
adalah kenyakinan yang kuat. Sraddha atau keyakinan ini dapat dipakai sebagai
motivasi, pegangan, hidup dan penghiburan dalam menjalani kehidupan yang
terkadang sangat menyenangkan namun terkadang sangat menyiksa.
b.
Pengertian
Dewa dan Bhatara
Pengertian Deva. Deva adalah sinar suci Brahman atau Sang Hyang Widhi
yang mempunyai tugas berbeda-beda. Kata Deva itu sendiri berasal dari bahasa
Sanskerta div yang artinya sinar.
Pengertian Avatara. Kata Avatara berarti kelahiran Brahman. Dalam hal
ini, Brahman melahirkan diri-Nya sendiri dengan wujud yang sesuai dengan
kehendak-Nya untuk menyelamatkan umat manusia dan dunia beserta isinya dari
ancaman kejahatan yang sudah merajalela. Umat Hindu percaya bahwa kehidupan
umat manusia dan bumi beserta isinya tidak kekal dan berada dalam siklus
perubahan abadi yang bisa baik dan juga bisa buruk.
Pengertian Bhatara. Kata Bhatara berasal dari kata bhatr yang berarti kekuatan Brahman Sang Hyang Widhi yang juga
mempunyai fungsi sebagai pelindung umat manusia dan dunia dengan segala isinya.
c.
Nama-nama
Dewa dan Bhatara
·
Nama-nama Dewa yaitu Deva
Indera, Deva Brahma, Deva Wisnu, Deva Siwa, Deva Baruna, Deva Saraswati, Deva Ganesha, Deva sri, deva Sangkara
·
Nama-nama Bhatara yaitu Bhatara Bayu, Bhatara Indra, Bhatara Agni, Bhatara Basuki, Bhatara Anantaboga
Pertemuan Kedua
a.
Tugas dan fungsi Dewa dan Bhatara
Tugas Deva
adalah untuk menyinari, menerangi alam semesta agar selalu terang dan
terlindungi. Tugas Bhatara adalah melindungi umat manusia dan dunia dengan
segala isinya. Tugas Avatara adalah untuk menyelamatkan umat manusia, alam
semesta beserta isinya dari kehancuran dengan wujud yang berbeda-beda
b.
Nama Dewa dan Bhatara sesuai tugas dan fungsinya
1.
Fungsi Deva,
dalam agama Hindu dikenal banyak Deva dengan berbagai fungsinya antara lain :
·
Deva Indera
adalah deva yang mengusai ilmu perang sehingga dikenal sebagai deva perang.
·
Deva Brahma
adalah deva pencipta alam semesta beserta isinya.
·
Deva Wisnu sebagai
deva pemelihara dunia beserta isinya.
·
Deva Siwa
sebagai deva pemeralina yang mengembalikan dunia kembali ke asalnya.
·
Deva Baruna
sebagai deva penguasa laut
·
Deva
Saraswati sebagai deva penguasa ilmu pengetahuan
·
Deva Ganeca
sebagai deva kecerdasan dan penyelamat umat manusia.
·
Deva Sri
sebagai deva kemakmuran.
·
Deva Sangkara
sebagai deva penguasa tumbuh-tumbuhan.
2.
Fungsi Bhatara, dalam agama Hindu dikenal banyak Deva dengan berbagai fungsinya antara lain :
·
Bhatara Bayu yang memiliki kemampuan untuk mengerakkan udara atau angin
·
Bhatara Indra yang mempunyai kekuatan untuk mengadakan hujan.
·
Bhatara Agni yang mempunyai kekuatan untuk menjadikan api yang panas
·
Bhatara Basuki yang mempunyai kekuatan untuk menciptakan kesuburan
·
Bhatara Anantaboga yang mempunyai kekuatan untuk menstabilkan bumi
2.
Materi
Pembelajaran Remidial
Pengertian
Dewa dan Bhatara
Tugas
dan fungsi Dewa dan Bhatara
Nama-nama
Dewa dan Bhatara
3.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Membaca
Buku Upadesa
Mempelajari
nawa dewata dengan atributnya
E.
Metode
Pembelajaran
a. Pendekatan : pendekatan scientifik
b. Model
Pembelajaran : model Discovery
c. Metode : Pengamatan,
Tanyajawab, Diskusi, Penugasan
F.
Media
dan Alat Sumber Pembelajaran
1. Media : Materi presentasi
2.
Alat/Bahan : Komputer, LCD, Papan Tulis, ATK dan lain-lain yang relevan
G.
Sumber
Pembelajaran
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2016. Buku Siswa
Agama Hindu Dan Budi Pekerti. hal
16-18
2. I
Ketut Wijaya, dkk. 2016. Savitri
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Denpasar : Tri Agung. hal. 28-33
H.
Langkah-Langkah
Kegiatan :
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1.
Guru member
salam dan memulai pelajaran dengan doa bersama.
2.
Guru
mengabsen kehadiran peserta didik
3.
Apersepsi,
peserta didik diajak tanya jawab tentang berbagai istilah manifestasi Ida
Sang Hyang Widhi Wasa
4.
Motivasi,
peserta didik diajak mengungkap kembali manfaat memahami berbagai manifestasi
Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai bagian dari Aspek Sradha
5.
Menyampaikan tentang tujuan yang ingin dicapai selama
pembelajaran
6.
Menyampaikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran (pengamatan, tanyajawab, diskusi,
latihan individu dan kelompok) serta penilaian selama pembelajaran
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Mengamati :
1.
Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan
sikap toleransi dan bertanggungjawab peserta didik diajak mengamati/mencermati dengan membaca
penjelasan yang terdapat dibuku paket.
2. Menyimak paparan tentang penjelmaan
Ida Sang Hyang Widhi .
3. Memberikan
stimulus kepada peserta didik dengan memberikan contoh manifestasi dari Ida
Sang Hyang Widhi untuk diamati.
Menanya :
1.
Setelah mengadakan pengamatan peserta didik
dengan santun dan jujur, mulai mengidentifikasi permasalahan (problem
statement) dan bertanya terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan
konteks pembelajaran
2.
Dengan berdiskusi bersama kelompoknya peserta
didik mungkin akan menemukan permasalahan ;
a. Apa
saja manifestasi Ida Sang Hyang Widhi ?
b. Dalam
wujud apa saja manifestasi Beliau ?
c. Dan
lain-lain
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
1.
Peserta
didik diarahkan untuk mengumpulkan data dengan melakukan diskusi kelompok
2.
Menganalisis
dan menyimpulkan hasil analisis
tentang konsep Dewa dan Bhatara
3.
Mengumpulkan
data tentang wujud manifestasi Ida Sang Hyang Widhi
4.
Melakukan
resume yang lengkap, komperhensif dengan dibantu guru dari konsep yang
dipahami dan berbagai keterampilan yang diperoleh selama pembelajaran
Mengasosiasikan :
1.
Peserta
didik mengelola informasi dan hal-hal yang terkumpul terkait dengan sradha
dan perwujudan Ida Sang Hyang Widhi
2.
Mendiskusikan
nama-nama dewa dan bhatara
Mengomunikasikan :
1.
Dengan
sikap
bertanggungjawab setelah peserta didik mengolah data yang didapatnya kemudian
melaporkan sebagai hasil diskusinya untuk memverifikasi data yang didapat
bersama kelompok sehingga mendapat kebenaran
2.
Peserta didik yang
lain menanggapi dengan menjujung toleransi dan sikap saling
menghargai.
|
90 Menit
|
3.
|
Penutup
|
1.
Peserta didik
bersama guru melakukan
generalizatition (menarik kesimpulan) dari pembelajaran yaitu tentang sradha dan kemahakuasaan Sang Hyang
Widhi
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan menjawab secara lisan pertanyaan (post tes) dari
guru.
3.
Guru
menugaskan peserta didik (TMT) untuk
menggambar atribut Nawa Dewata dan dikumpul pada pertemuan minggu depan.
4.
Guru
menginformasikan garis besar pertemuan berikutnya yaitu tentang tugas dan fungsi dewa dan bhatara
|
15 Menit
|
Pertemuan 2
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1.
Guru member
salam dan memulai pelajaran dengan doa bersama.
2.
Guru
mengabsen kehadiran siswa peserta didik
3.
Apersepsi,
peserta didik diajak tanya jawab tentang berbagai istilah perwujudan Ida Sang Hyang Widhi Wasa
4.
Motivasi,
peserta didik diajak mengungkap kembali manfaat memahami berbagai perwujudan
Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai bagian dari Aspek Sradha
5.
Menyampaikan tentang tujuan yang ingin dicapai selama
pembelajaran
6.
Menyampaikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran (pengamatan, tanyajawab, diskusi,
latihan individu dan kelompok) serta penilaian selama pembelajaran
|
15 Menit
|
2.
|
Inti
|
Mengamati
:
1.
Menyimak
paparan tentang penjelmaan Ida Sang Hyang Widhi .
2.
Mengamati gambar nawa dewata
3.
Mendengarkan paparan gelar Dewa dan Bhatara
sebagai penjelmaan Sang Hyang Widhi.
4.
Membaca
materi Dewa dan Bhatara dalam tugasnya
melindungi dan memelihara makhluk hidup.
Menanya
:
1.
Menanyakan
kembali kepada guru, tugas dan fungsi
nawa dewata dan perwujudan lainnya sebagai
penjelmaan Sang Hyang Widhi
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
:
1.
Peserta
didik diarahkan untuk melakukan diskusi kelompok untuk mengumpulkan data
2.
Menyimak
penjelasan Guru
3.
Mendata
dari sumber yang lain
Mengasosiasikan
:
1.
Menganalisis
dan menyimpulkan hasil analisis dari pengamatan
terhadap berbagai manifestasi Sang Hyang Widhi (tri Murti, Panca Dewata, Nawa
dewata, dll)
2.
Mengidentifikasi
berbagai tugas dan fungsi dewa dan bhatara
3.
Menganalisis
gambar-gambar Nawa Dewata yang telah dibuat.
4.
Menyimpulkan
urutan letak nawa dewata sesuai dengan fungsi dan tugasnya.
Mengomunikasikan
:
1.
Dengan sikap bertanggungjawab setelah peserta
didik mengolah data yang didapatnya kemudian melaporkan sebagai hasil diskusinya
untuk memverifikasi data yang didapat bersama kelompok sehingga mendapat
kebenaran
2.
Menyebutkan
bagian-bagian Nawa Dewata dengan benar sesuai urutan dan atributnya
3.
Menyebutkan
tugas-tugas dari masing-masing Nawa Dewata sebagai penyeimbang alam semesta.
|
90 Menit
|
3.
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik dan guru bersama
guru melakukan generalizatition (menarik
kesimpulan) pembelajaran yaitu tentang tugas dan fungsi
manifestasi Ida Sang Hyang Widhi dengan berbagai perwujudannya
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan menjawab secara lisan pertanyaan (post tes) dari
guru.
3.
Guru
menugaskan siswa (PR) untuk mengerjakan soal yang ada di buku paket.
4.
Guru
menginformasikan garis besar pertemuan berikutnya yaitu tentang konsep awatara
|
15 Menit
|
I. Penilaian
a. Penilaian
Sikap : Spiritual dan Sosial
(observasi)
b. Penilaian
Pengetahuan : Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Penugasan
Kompetensi
Sikap spiritual
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
1)
Instrumen
Penilaian : Lembar Observasi Sikap Spiritual 1.1
2)
Kisi-kisi :
NO.
|
Butir Nilai (Sikap)
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Menghayati
|
1. Membiasakan
mengucapkan syukur dengan Dainika Upasana (doa sehari-hari) pada
awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut.
|
1
|
2
|
Mengamalkan
|
2. Mengamalkan
konsep Avatara, Deva dan Bhatara dengan tekun berdoa
|
1
|
Kompetensi Sikap Sosial
a.
Teknik
Penilaian: Observasi
b.
Instrumen
Penilaian dan Pedoman Penskoran
1) Instrumen Penilaian: Lembar Observasi (Lampiran 1.2)
2)
Kisi-kisi:
NO.
|
Butir Nilai (Sikap)
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Jujur
|
1. Menunjukkan perilaku
jujur sebagai amalan ajaran Avatara, Deva dan Bhatara dalam kehidupan
|
1
|
2.
|
Santun
|
2. Menumbuhkan sikap santun terhadap sesama sebagai pengamalan
dalam meyakini Avatara, Deva dan
Bhatara
|
1
|
3
|
Peduli/Menghargai
|
3. Menumbuhkan sikap
toleransi terhadap sesama sebagai pengamalan dalam meyakini Avatara, Deva dan Bhatara
|
1
|
Penilaian
Pengetahuan
a. Teknik : tes tertulis
b. Bentuk : Essay (Isian)
Kisi-Kisi
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1. Menjelaskan konsep sradha
|
Tes
|
Essay
|
1.
Kata sradha
memiliki arti….
|
2. Menjelaskan konsep dewa dan bhatara
|
Tes
|
Essay
|
2.
Dewa berasal dari
kata DIV yang
berarti ….
3.
Bhatara adalah ….
|
3. menyebutkan dewa
dewa dan bhatara dalam agama Hindu
|
Essay
|
4.
Bhatara Basuki
adalah penguasa…
5.
Yang disebut dewa
Hujan adalah….
6.
Dewa Tri Murti
terdiri dari ….
|
|
4. menyebutkan nama dewa dan bhatara sesuai tugas dan
fungsinya
|
Essay
|
7.
Dewa penguasa
tumbuhan adalah ….
8.
Arti sloka Brahman
Sarwa Bhutesu
adalah….
9.
Dewa yang memiliki
fungsi sebagai
pemelihara adalah…
10.Pralina
berarti….
|
Pedoman
Pensekoran
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
|
Benar
|
Salah
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Keyakinan/kepercayaan
Sinar
Manifestasi
Ida Sang Hyang Widhi yang bertugas menjadi pelindung semua mahluk
Kesuburan
(air)
Dewa
Indra
Dewa
Brahma, Wisnu dan Siwa
Dewa
Sangkara
Brahman
adalah asal dari semua yang ada
Dewa
Wisnu
Kembali/musnah
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
|
Jumlah
|
10
|
NILAI (N) = Σ Skor yang diperoleh
Kunci
Jawaban
1. Keyakinan/kepercayaan
2. Sinar
3. Manifestasi
Ida Sang Hyang Widhi yang bertugas menjadi pelindung semua mahluk
4. Kesuburan
(air)
5. Dewa
Indra
6. Dewa
Brahma, Wisnu dan Siwa
7. Dewa
Sangkara
8. Brahman
adalah asal dari semua yang ada
9. Dewa
Wisnu
10. Kembali/musnahSinar
NILAI (NA) =

Nilai Keterampilan
a. Teknik :Portofolio
b. Bentuk :Penugasan
Kisi-Kisi
No
|
Ketrampilan/Indikator
|
Butir InstrumenInstrumen
|
1
|
1. Mampu menyebutkan nama dewa dan bhatara sesuai
tugas dan fungsinya
|
Buatlah gambar atribut Nawa Dewata (Dewata Nawa Sanga)
dengan lengkap!
|
Pedoman Pensekoran
1, jika digambar berisi
keterangan lengkap dan benar memperoleh skor
4
2, jika digambar dengan
benar dengan keterangan singkat memperoleh skor
3
3, jika digambar dengan
benar tanda keterangan memperoleh skor 2
4, jika digambar dan
keterangan hanya mendekati benar memperoleh skor 1
Jadi skor maksimal = 4
Skor akhir =

Pengayaan
Pembelajaran
Pengayaan
Pembelajaran pengayaan diberikan
pada siswa yang telah mencapai KKM dengan pemberian tugas individu berupa
penugasan proyek yang menuntut tingkat berpikir yang lebih tinggi dan atau mengamati
dan membaca buku-buku Purana yang diterbitkan oleh Paramitha Surabaya atau dari
Kanwil Agama Provinsi Bali dan mencari penjelasan di berbagai sumber
seperti internet.
Remidial
Pembelajaran
Remidial
Pembelajaran remidial diberikan
pada siswa yang belum mencapai KKM dengan ketentuan :
NO
|
Jumlah siswa belum
tuntas
|
Bentuk pembelajaran
remidial
|
Bentuk Penilaian
|
Pelaksanaan
|
1
|
<
20%
|
Penugasan
individu
|
Menggunakan
tes setara dengan ulangan harian
|
Dilaksanakan
diluar jam tatap muka
|
2
|
20%
- 50%
|
Belajar
kelompok
|
Menggunakan tes setara dengan ulangan
harian
|
Dilaksanakan diluar jam tatap muka
|
3
|
>50%
|
Pembelajaran
ulang
|
Menggunakan tes setara dengan ulangan
harian
|
Dilaksanakan diluar jam tatap muka
|
|
Lampiran
Penilaian Sikap Spiritual 1.1
No
|
Nama Peserta Didik
|
IPK
|
Nilai Akhir
|
|||||||
Membiasakan mengucapkan syukur dengan Dainika Upasana (doa
sehari-hari) pada awal dan akhir presentasi
sesuai dengan agama yang dianut.
|
Mengamalkan
konsep Avatara, Deva dan Bhatara dengan tekun berdoa
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Wenten
|
|||||||||
2
|
Kari
|
|||||||||
3
|
Ada
|
|||||||||
4
|
Masih
|
|||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
||||||||||
10
|
||||||||||
11
|
Keterangan :
Sikap Spiritual
1) Indikator sikap spiritual “selalu bersyukur”
a.
Menerima
apa adanya/ ikhlas
b.
Selalu
mengucapkan syukur atas apa yang diterima
c.
Selalu
berlaku benar
2) Indikator sikap
spiritual “tekun berdoa”
- Selalu
melaksanakan sembahyang pagi dengan baik
- Selalu
mengucapkan salam dalam agama Hindu
- Tekun dalam
mengucapkan doa sebelum memulai pekerjaan
Rubrik pemberian skor :
Nilai 4 = jika peserta
didik melakukan 3 (tiga) pernyataan
Nilai 3 = jika peserta
didik melakukan 2 (dua) pernyataan
Nilai 2 = jika peserta
didik melakukan 1 (satu) pernyataan
Nilai 1 = jika peserta
didik tidak melakukan pernyataan
Lampiran 1.2
Lembar Penilaian Observasi Sikap Sosial
No
|
Nama Peserta Didik
|
IPK
|
Nilai Akhir
|
|||||||||||
Jujur
|
Santun
|
Peduli/Menghargai
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
||||||||||||||
6
|
||||||||||||||
7
|
||||||||||||||
dst
|
Keterangan :
1) Indikator sikap sosial “santun”
- Bersikap sopan dan
santun
- Menggunakan bahasa
yang santun
- Tidak berbicara
kasar/ribut
2) Indikator sikap sosial “Jujur”
- Tidak menyontek
- Mengungapkan
sesuatu apa adanya
- Mengakui kesalahan
3) Indikator sikap sosial “Peduli/Menghargai”
- Tidak mengganggu
teman
- Menghargai
perbedaan
- Memaafkan
kesalahan orang lain
Rubrik pemberian skor :
Nilai 4 = jika peserta didik
melakukan 3 (tiga) pernyataan
Nilai 3 = jika peserta didik
melakukan 2 (dua) pernyataan
Nilai 2 = jika peserta didik
melakukan 1 (satu) pernyataan
Nilai 1 = jika peserta didik tidak
melakukan pernyataan
NILAI = Total Skor diperoleh x100
Total
Skor maksimum
Penskoran :
NO
|
Skor
|
Rentang Nilai
|
Predikat
|
1
|
Skor 4
|
86 -100
|
Sangat Baik
|
2
|
Skor 3
|
71 – 85
|
Baik
|
3
|
Skor 2
|
56 – 70
|
Cukup
|
4
|
Skor 1
|
< 55
|
Kurang
|
Sesuai dengan Permendikbud No 53
Tahun 2015
Post a Comment
Post a Comment