-->

RPP BAHASA INDONESIA KLS 8 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

Post a Comment

RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN (RPP)
                                          
 Sekolah                            :  SMP Negeri 1 Negara
 MataPelajaran                 :  BahasaIndoesia
 Kelas/Semester                 :  VIII/Satu
 MateriPokok                  :  Buku Fiksi dan Nonfiksi
 AlokasiWaktu                 :  18 X 40

A.     Kompetensi Inti
KI 1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4. Mencoba,mengolah,dan menyaji, dalam ranah kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasa dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KompetensiDasar dan Indikator PencapaianKompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca


3.17.1 Menemukan Informasi dalam buku fiksi dan nonfiksi
3.17.2 Menuliskan informasi buku melalui indeks.
3.17.3 Menuliskan tentang isi buku yang dibaca.

4.17 Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.17.1 Menuliskan kembali atau meringkas peta konsep isi buku yang dibaca
4.17.2  Mempresentasikan teknik membaca untuk menemukan isi pokok buku yang dibaca.

3.18 Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.18.1  Mengungkapkan unsure kebahasaan dalam buku fiksi dan nonfiksi dibaca.
3.18.2  Menjelaskan unsur-unsur menarik lainnya dalam buku fiksi yang dibaca.

4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/ tertulis

4.2.1     Menuliskan daya tarik bacaan buku fiksi dan nonfiksi
4.2.2     Mempresentasikan tentang isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.

C. Tujuan Pembelajaran
1.   Dengan membaca buku fiksi dan nonfiksi, siswa mampu menggali informasi dari buku yang dibaca dengan benar
2.    Dengan mendengarkan atau membaca  buku fiksi dan nonfiksi, siswa mampu memahami tentang isi buku yang dibaca.
3.    Dengan mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu menuliskan isi buku yang dibaca.
4.    Dengan mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu menuliskan peta konsep isi buku yang dibaca
5.    Dengan mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mempresentasikan teknik membaca untuk menemukan isi buku yang dibaca
6.    Dengan mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mengungkapkan unsure kebahasaan buku yang dibaca
7.   Dengan mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mengungkapkan unsure-unsur menarik lainnya dalam  buku yang dibaca
8.    Dengan mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mengungkapkan daya tarik buku yang dibaca
9.    Dengan mendengarkan atau membaca buku fiksi dan nonfiksi,siswa mampu mengungkapkan isi  buku yang dibaca
Nilai Karakter :  Rasa ingin tahu, percaya diri  dan   toleransi

D.Materi Pembelajaran
I. Materi Reguler
1. Pengertian buku fiksi dan nonfiksi
2. Ciri buku fiksi dan nonfiksi
3. Contoh buku fiksi dan nonfiksi
4. Peta konsep isi buku
5. Teknik membaca buku
6. Unsur kebahasaan buku fiksi dan nonfiksi
7. Unsur-unsur menarik lainnya dalam buku fiksi

II. Materi Pengayaan
1. Pengertian buku fiksi dan nonfiksi
2. Ciri buku fiksi dan nonfiksi
3. Contoh buku fiksi dan nonfiksi
4. Peta konsep isi buku
5. Teknik membaca buku
6. Unsur kebahasaan buku fiksi dan nonfiksi
7. Unsur-unsur menarik lainnya dalam buku fiksi
 
III. Materi Remidial
1. Pengertian buku fiksi dan nonfiksi
2. Ciri buku fiksi dan nonfiksi
3. Contoh buku fiksi dan nonfiksi
4. Peta konsep isi buku
5. Teknik membaca buku
6. Unsur kebahasaan buku fiksi dan nonfiksi
7. Unsur-unsur menarik lainnya dalam buku fiksi

  E. MetodePembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model        : Discovery Based Learning
3. Metode       : Demonstrasi

F.MediaPembelajaran
1. Contoh beberapateks laporan
2. Video
3. Internet
G. Sumber Belajar
1) Buku paket
2) Kamus Besar Bahasa Indonesia
3) Internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons salam,berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2) Guru menugasi siswa membaca materi selanjutnya pada buku paket Bahasa Indonesia.
3) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,yaitu mrenggali informasi dalam buku fiksi dan nonfiksi
5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup penilaian,yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

b. KegiatanInti (100 menit)
1) Siswa mencermati informasi buku fiksi dan nonfiksi.
2) Siswa mengajukan pertanyaan tentang  informasi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
3) Siswa mencari dan menemukan informasi buku melalui indeks buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.

4) Siswa mencari dan menemukan catatan tentang isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.

c.KegiatanPenutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru  bersama  siswa  melakukan  evaluasi  kegiatan  pembelajaran khususnya kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran menggali informasi buku fiksi dan nonfiksi.
4) Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu mecatat tentang isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
5) Guru    menyampaikan    kegiatan    pembelajaran    pertemuan    berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

2. Pertemuan kedua: 3 JP
a. Kegiatan pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons salam,berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2) Guru menugasi siswa membaca materi selanjutnya pada buku paket Bahasa Indonesia.
3) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,yaitu menyajikan peta konsep dari isi buku fiksi dan nonfiksi.
5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup penilaian,yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Dengan difasilitasi pendidik, siswa membuat kelompok terdiri atas 4-5 orang per kelompok.
2) Siswa dan pendidik membahas peta konsep isi buku dan teknik membaca untuk menemukan isi pokok buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
3) Siswa secara berkelompok mecatat setiap bagian penting dari setiap buku dengan bentuk peta konsep.
4) Siswa secara berkelompok bergantian mempresentasikan peta konsep yang dibuat.

c.  Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru  bersama  siswa  melakukan  evaluasi  kegiatan  pembelajaran khususnya kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai peta konsep isi buku dan teknik membaca untuk menemukan isi buku.
4) Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu menerapkan teknik membaca untuk menemukan isi pokok buku yang dibaca.
5) Guru    menyampaikan    kegiatan    pembelajaran    pertemuan    berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

3. Pertemuan ketiga: 3 JP
a. Kegiatan pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons salam,berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2) Guru menugasi siswa membaca materi selanjutnya pada buku paket Bahasa Indonesia.
3) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,yaitu menelaah unsur-unsur penting dalam buku fiksi dan nonfiksi.
5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup penilaian,yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Siswa mencermati materi buku fiksi dan nonfiksi.
2) Siswa dengan difasilitasi pendidik membahas unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
3) Siswa mencari dan menemukan unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
4)Siswa dengan difasilitasi pendidik membahas, mencari, dan menemukan unsur kebahasaan dan unsur menarik lainnya dalam buku fiksi

c.Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru  bersama  siswa  melakukan  evaluasi  kegiatan  pembelajaran khususnya kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran menelaah unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
4) Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu menemukan unsur kebahasaan dan unsur menarik lainnya dalam buku fiksi
5) Guru    menyampaikan    kegiatan    pembelajaran    pertemuan    berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

4.   Pertemuan keempat:3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons salam,berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2) Guru menugasi siswa membaca materi selanjutnya pada buku paket Bahasa Indonesia.
3) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,yaitu menyajikan daya tarik dari isi buku fiksi dan nonfiksi.
5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup penilaian,yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Dengan difasilitasi pendidik, siswa membuat kelompok terdiri atas 4-5 orang per kelompok.
2) Siswa dan pendidik membahas daya tarik buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
3) Siswa secara berkelompok mecatat daya tarik dan isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
 4) Siswa secara berkelompok bergantian mempresentasikan daya tarik dan isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibuat.

c.   Kegiatan Penutup (12 menit)
1)  Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2)  Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran khususnya
kekurangan.
3)  Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran menyajikan daya tarik dari isi buku fiksi dan nonfiksi.
4)  Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu menyajikan daya tarik dari isi buku fiksi dan nonfiksi..
 5)  Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya .
I.Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes
tulis.
b. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik
kinerja.

2. Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
a.       Instrumen Uraian
Soal:
1.      Catatlah informasi-informasi penting dari salah satu buku yang telah kamu baca!
2.      Jelaskan alasan penting informasi-informasi itu!
3.      Sampaikanlah catatan itu kepada teman-temanmu untuk mereka tanggapi!


b.   Kriteria penilaian
NO. SOAL
UKURAN JAWABAN
SKOR
1
Kelengkapan
10 – 25
2
Kelengkapan
10 – 25
3
Kelengkapan
10 – 25
4
Kelengkapan
10 – 25

Jumlah
40 – 100

Pertemuan kedua
a. Instrumen penilaian
Soal:
1.      Catatlah setiap bagian penting dari setiap buku fiksi dan nonfiksi yang kamu baca dalam bentuk peta konsep!
2.      Presentasikan peta konsep yang telah kamu buat dengan memperhatikan aspek kejelasan, kelengkapan dan keruntunan sistematikanya.

b. Kriteria penilaian
NO. SOAL
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
Kesesuaian isi
0 – 25

Ejaan dan tanda baca
0 – 25

Kalimat efektif
0 – 25

Kohesi dan koherensi
0 – 25


0 – 100
2
Kejelasan lafal
0 – 25

Ketepatan intonasi
0 – 25

Artikulasi dan mimik
0 – 25

Volume suara dan kinesik
0 – 25


0 – 100



PertemuanKetiga
a.       Instrumen penilaian
1.      Bacalah sebuah cerpen dengan baik!
2.      Catatlah hal-hal menerik dari cerpen tersebut yang berkenaan dengan unsure-unsur kebahasaan buku fiksi!
b. Kriteria Penilaian
Aspek
Nilai
(1-4)
Keterangan
a.       Kesesuaian jawaban dengan isi cerita


b.      Kelengkapan unsure-unsur jawaban


c.       Kejelasan pemaparan jawaban


d.      Kebakuan ejaan/tanda baca






Pertemuan keempat
a.  Instrumen penilaian
Soal   :
Manakah pernyataan-pernyataan di bawah ini yang mengandung masalah?
1.      Amanat cerpen yang mengurai
2.      Cerita dalam novel yang banyak menggunakan kata kasar.
3.      Tema cerpen yang lebih menghebatkan kehidupan orang-orang Barat.
4.      Tokoh suatu cerita menggambarkan sosok pelajar pedesaan.
5.      Latar novel yang menggunakan waktu zaman sebelum kemerdekaan.

b.   Kriteria penilaian

Pernyataan
Masalah
Bukan Masalah
Alasan
1.



2.



3.



4.



6.





Mengetahui:
Jembrana, 15 Januari 2019
Kepala SMP Negeri 1 Negara,
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


I Made Riantori, M.Pd
Ni Putu Wina Astuti, S.Pd
NIP. 19630813 198403 1 008
NIP.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter