-->

Macam-macam Karya Sastra Indonesia - Bilik penddikan

Post a Comment
Macam-macam Karya Sastra Indonesia -Bilik Pendidikan

Sebelum  mengetahui karya sastra  sebaiknya kita mengenal dahulu definisi karya sastra. Sastra berasal dari bahasa sansekerta yaitu susastra, su artinya baik atau indah dan sastra artinya tulisan. Jadi susastra artinya tulisan yang indah. Yang dimaksud disini adalah isi kata-katanya yang indah dan menggugah hati pembaca sehingga emosi pembaca larut dalam tulisan yang dibacanya. Karya sastra adalah karya rekaan penulis berdasarkan sudut pandangnya, pengalamannya, wawasan imu pengetahuannya,  apa yang dilihatnya dan suasana hatinya. Jadi karya sastra adalah karya imajinasi penulis yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Macam-macam karya sastra terdiri dari : puisi , pantun, roman, novel, cerpen, dongeng, legenda, dan naskah drama. Ayo kita bahas satu persatu macam-macam karya sastra ini.

1. Pantun

Pantun sesungguhnya merupakan puisi lama yang berasal dari daerah Melayu Sumatera, pantun terikat oleh baris dan sajak pada tiap barisnya, dengan rumus ab ab atau aa aa. Pada baris kesatu dan kedua merupakan sampiran, melainkan baris ketiga maupun keempat  merupakan isi. Apabila pada baris kesatu bila akhiranya ak, baris kedua akhiranya a, baris ketiga akhiranya ak, baris keempat a. Contohnya adalah :

Buah duku jatuh di semak
semak dibuka duku di mana
Apa gunanya berilmu banyak
Tidak sembahyang apalah guna

2. Puisi/ Sajak

Puisi merupakan karya sastra yang terikat dengan bait dan larik, kata-kata didalamnya singkat tapi  memiliki banyak makna, kata-katanya tidak pulgar tetapi terbungkus oleh gaya bahasa, baik yang klise ataupun yang tidak klise. Tetapi dalam pusi modern tidak terikat oleh banyaknya bait maupun banyaknya larik dalam satu bait, bahkan kata-katanya lebih singkat dan terbungkus. Penulis puisi disebut juga penyair. Penyair kita yang terkenal adalah Chairil Anwar, Taufik Ismail, W.S. Rendra, Sutaji Kalsum Bachri, dsb.


3. Roman
Merupakan cerita rekaan  yang menceritakan kisah hidup seorang anak manusia dari kecil sampai meninggal, atau dari bayi sampai dewasa. Roman ialah karya sastra lama. Contoh roman yaitu: Layar Terkembang, Siti Nurbaya.

4. Cerpen
Cerpen singkatan dari cerita pendek, sesuai dengan namanya cerpen lazimnya terdiri dari 2 - 5 lembar kertas polio atau ukuran F4. Cerpen hanya menceritakan kejadian yang paling berkesan yang menimpa tokoh cerita utama. Tetapi ada juga cerpen yang panjang yang berjudul "Kunang-kunang dari Mahakan".
Tetapi cerpen umumnya ceritanya lebih singkat dibandingkan dengan Novel.

5. Legenda
Legenda sesungguhnya hampir sama dengan dongeng tidak diketahui siapa pengarangnya. Tapi legenda kisahnya menceritakan asal usul suatu tempat atau ceritanya berhubungan dengan kerajaan jaman dahulu. Misalnya " Sangkuriang"
Kisahnya tentang asal usul Gunung Tangkuban Perahu, "Damar Wulan", "Prabu Siliwangi", dsb. Sekarang cerita-cerita legenda banyak yang sudah dijadikan film.

6. Novel
Novel merupakan karya sastra yang berbentuk cerita rekaan yang mengisahkan hidup seseorang yang diangap  berkesan. Contohnya hanya menceritakan masa remaja sampai dewasa. Semua tokoh cerita dalam novel hanya fiktip belaka, tapi disesuaikan dengan masa ketika cerita tersebut ditulis. Jadi kejadiannya seolah-olah nyata terjadi pada masa tersebut. Novel yaitu termasuk karya sastra modern. Contoh Novel adalah : Gita Cinta dari SMA, Merahnya Merah, dsb.

7. Dongeng
Dongeng merupakan cerita lama yang biasanya tidak diketahui pengarangnya alias anonim, diceritakan hanya dari mulut ke mulut. Walaupun sekarang sudah dikumpulkan dalam bentuk tulisan. Pada jaman dulu sudah suatu  kelajiman bila orang tua mendongeng untuk menidurkan anaknya. Sekarang hampir tidak ada lagi orang tua mendongeng untuk anaknya. Contoh dongeng adalah : Si Kancil dan Buaya, Kura-kura dan Monyet, dsb.


8. Naskah Drama

Naskah drama merupakan cerita yang lengkap dengan adegan dan dialog para tokoh cerita. Dalam drama para pelaku cerita diatur baik bagaimana berbicaranya dan bagaimana adegannya, serta mimik mukanya.




Demikian macam - macam Karya sastra Indonesia, semoga bermamfaat, jangan lupa share ya👍😁 ?

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter