-->

Teks Eksplanasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Teks Eksplanasi - Bilik Soal

Post a Comment
Teks Eksplanasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri Teks Eksplanasi - Bilik Soal

Sesungguhnya, apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi (explanatory text). Pengertian teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan perihal pelaksanaan atau tahapan kenapa  dan ‘bagaimana’ terjadinya suatu fenomena atau momen yang terkait dengan alam, sosial, ilmiah, dan adat istiadat/kebiasaan/kultur

Anggapan lain mengatakan bahwa pengertian teks eksplanasi yakni suatu paragraf/alinea atau teks yang isinya menjelaskan  info mengenai proses terjadinya suatu fenomena, bagus itu fenomena alam, ilmu pengetahuan, serta kehidupan sosial dan budaya/adat istiadat/kebiasaan/kultur. Macam-macam teks ini kerap kali ditemukan dalam buku-buku sains, geografi dan sejarah.


Pada dasarnya tujuan teks eksplanasi yakni untuk menerangkan/menjelaskan/membeberkan seputar kenapa” dan “bagaimana” suatu fenomena atau peristiwa terjadi. Misalnya tulisan seputar pengaruh global warming, peristiwa meletusnya gunung merapi, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Eksplanasi

Seperti yang telah diceritakan sebelumnya, di dalam explanatory text terdapat 3 struktur yang membangun teks ini sehingga menjadi satu kesatuan. Adapun struktur teks eksplanasi yakni sebagai berikut:

1. Pernyataan Umum
Pada komponen pernyataan umum memuat seputar penjelasan umum mengenai suatu topik atau peristiwa yang dibahas. Pernyataan umum ini bisa berupa pengenalan atau penjelasan singkat perihal suatu peristiwa fenomena.

2. Deretan Penjelas
Pada komponen deretan penjelas terdapat berita  mengenai  sebab akibat  suatu peristiwa atau fenomena. Komponen deretan penjelas ini disusun sedemikian rupa sehingga  bisa membeberkan suatu momen/peristiwa  secara berurutan dari permulaan hingga akhir.

3. Interpretasi
Interpretasi merupakan teks penutup dan bukan suatu kewajiban. Pada  komponen interpretasi ini membeberkan intisari atau rangkuman ringkasan/rumusan/simpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas dari topik yang dibahas.


Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Explanatory text mempunyai karakteristik tertentu yang membedakannya dengan macam teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks eksplanasi yakni sebagai berikut: 

  1. Segala informasi/berita yang disampaikan di dalam teks ialah berdasarkan fakta (faktual) tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
  2. Topik yang dibahas di dalamnya yaitu fenomena yangberhubungandengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
  3. Macam teks ini bersifat informatif dan tak   berupaya untuk memberi pengaruh pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dibahas.
  4. Struktur teksnya terdiri dari tiga macam, yaitu; pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan interpretasi.
  5. Penjelasan di dalam teks ini mengaplikasikan sequence markers, seperti; Pertama, Kedua, Ketiga, dan lainnya.




Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter