-->

Cara Alami Atasi Bau Mulut (Halitosis) ~Bilik Kesehatan~

Post a Comment

Pernahkah kamu mengalami  masalah bau mulut yang tak sedap? Mengapa hal itu muncul ? Ternyata bau mulut ( halitosis)  disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kesehatan rongga mulut, sampai adanya penyakit tertentu dalam tubuh.

Hasil penelitian menunjukan hampir 85- 90% penyebab bau mulut adalah kelainan rongga mulut akibat karies gigi ataupun infeksi jaringan penyangga gigi oleh bakteri sreptococcus viridans. Penderita halitosis mengalami peningkatan kadar VSC (Volatile Sulfur Compoud) didalam mulutnya. Senyawa ini mengandung hidrogen sulfida, metil mercaptam, dan dimetil disulfida yang merupakan produk bakteri atau flora normal mulut. Dengan meningkatnya kadar VSC dalam mulut menyebabkan bau VSC tercium oleh hidung, selain itu juga bau mulut dapat dipicu oleh terjangkitnya gangguan tubuh seperti kelainan hidung, jantung, kencing manis, infeksi paru-paru, lambung, usus, ataupun penyakit lain.

Pada anak-anak kasus ini dapat disebabkan adanya infeksi oleh benda asing yang masuk kerongga hidung dan tidak terdeteksi sehingga terjadi pembusukan lalu menimbulkan bau yang tidak sedap. Secara umum, pengaruh sisa-sisa makanan yang ada dimulut menyebabkan munculnya bau mulut yang tak sedap akibat aktivitas bakteri pembusuk yang berlebihan.

Gangguan bau mulut ini sebenarnya dapat di atasi dengan cepat menggunakan obat kumur herbal, salah satunya dengan sari akar wangi yang berkhasiat menyegarkan dan membunuh kuman penyebab bau mulut.

Akar wangi (Andropongon Muricatus)

 Karteristik Akar Wangi

Akar wangi atau lebih dikenal dengan akar sereh merupakan jenis tanaman rumput-rumputan yang tergolong ke dalam famili Gramineae/Poaceaae. Jenis rumput yang hidup menahun ini berukurang tinggi  sekitar 1 meter dengan perakaran serabut berwarna kuning. Batangnya yang berwarna putih ini memiliki tekstur lunak dan beruas-ruas. Posisi pelepahnya menekuk batang dengan warna hijau keputihan. Daun akar wangi memiliki penataan tunggal berbentuk pita dengan ujung runcing. Tanaman ini pun memiliki bunga dengan bentuk bulir yang terletak di ujung batang. Bagian tumbuhan yang banyak digunakan adalah bagian akarnya.

Kasiat Akar Wangi
  • Akar wangi berkhasiat sebagai zat diaforetik yang berguna untuk tonik penyegar rongga mulut yang antiseptik. Sari akar wangi sebagai obat kumur ini efektif menghilangkan bau mulut yang di sebabkan sebagai infeksi di jaringan gigi.
  • Kandungan kimia bahan aktifnya: minyak atsiri, hars, zat pahit (akar), serta senyawa vetiveron, veton dan vetivazulen.
Cara Penggunaannya dengan teknik berkumur:

  • Siapkan beberapa potong akar wangi, 6 butir buah kapulaga, 2 lembar daun sirih segar, serta 1 genggam herba pegagan segar.
  • Seduh bahan-bahan tersebut dalam 100 ml air mendidih.
  • Siap digunakan dengan teknik berkumur. Bila perlu dapat diencerkan dengan air hangat, sebagai sari ini ditelan karena tidak berbahaya.
  • Gunakan secara teratur  dua kali sehari dengan takaran setiap kali berkumur 100 ml sari akar wangi, hingga bau mulut berkurang dan hilang.
Baca juga👉 obat kencing batu



~semoga bermamfaat~

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter