-->

CARA MEMBUAT KONDISIONER ALAMI ( mengatasi masalah rambut beruban dini) ~Bilik Kesehatan~

Post a Comment

Rambut berkilau dan sehat menjadi idaman setiap orang. Sebaliknya rambut kusam akan membuat penampilan tidak prima sehingga mengurangi kepercayaan diri.


Minyak memang diperlukan untum menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Minyak membuat rambut tampak lembut dan bersinar. Namun jika kadarnya terlalu lebih, rambut dapat lepek, susah diatur dan mudah sekali kotor . Kadar minyak rambut yang berlebihan ini dapat pula disebabkan oleh pola makan, faktor genetik, dan komdisi stres. Rambut yang sehat juga didukung oleh nutrisi yang seimbang serta porsi tidur yang cukup. 

Jika rambut anda berminyak maka disarankan untuk memcucinya setiap hari dengan bahan pencuci rambut yang lembut, yang tidak mengandung kondisioner. Namun ujung rambut kering gunakan kondisioner hanya pada bagian ujung-ujungnya saja. Pastikan anda membilasnya hingga bersih untuk menghindari sisa-sisa bahan pencuci ataupun kondisioner yang akan membuat rambut mudah lepek. Hindari juga penggunaan produk rambut yang mengandung bahan silikon dan lanolin. Gunakan selalu kondisioner setiap habis keramas untuk periode waktu sebulan sekali. Gunakan kondisioner dengan dengan volume yang lebih banyak dari pemakaian biasanya.

Kondisiner amat penting digunakan untuk mendapatkan hasil sempurna. Penggunaannya tergantung dari panjangnya rambut yang anda miliki. Biasanya untuk rambut pendek, pemakaian 2 ml kondisiner sudah cukup. Sementara itu untuk rambut sedang  dibutuhkan sekitar 4 ml kondisioner. Tentunya untuk rambut panjang dibutuhkan volume kondisioner yang lebih banyam yaitu 6 ml. Agar rambut menjadi indah dan bercahaya serta mudah ditata, formula kondisioner rambut  dengan menggunakan santan kelapa ini dapat anda coba.

Karakteristik kelapa (cocos Nucifera)

Kelapa merupakan jenis tanaman palem/pallma dari famili palmae/Arecaceae. Buahnya berukuran cukup besar, terbungkus  serabut dan batok yang cukup kuat dengan jumlah buah sekitar 2-10 buah pertangkainya. Batang tanaman ini tidak bercabang dengan tinggi yang dapat mencapai 10-14 m atau  lebih. Daun pelepahnya dapat mencapai ketinggian 3-4 m, dengan sisip lidi yang menopang tiap helainya.

Kasiat Buah kelapa

Santan kelapa berhasiat sebagai kondisioner alami yang dapat melembutkan, melembabkan dan mendorong pertumbuhan rambut. Mamfaatnya tak hanya untuk  melembabkan rambut tapi juga dapat mengatasi  masalah rambut beruban terlalu dini dan ketombe.

Komposisi bahan aktif nya terdiri dari asam askorbat (vitamin C), protein, lemak, mineral, (kalsium, besi, fosfor), hidrat arang (glukosa, fruktosa, sukrosa), serta kandungan air buah kelapa sekitar 95,5 gr dari tiap 100 gr nya.

Cara Pembuatan Kondisioner


  • Siapkan segelas atau sekitar 100 ml santan kelapa sebagai kondisioner. Setelah berkeramas dengan sampo, usapkanlah santan kelapa pada kulit kepala dan batang rambut. Pijatlah kulit kepala dengan lembut. Kemudian bilas hingga bersih. Pemijatan kulit kepala secara kontinyu dapat mengaktifkan kelenjar minyak dan memperlancar peredaran darah dikulit kepala sehingga rambut menjadi lebih sehat.
  • Anda dapat pula mempraktekkan teknik olesan menggunakan sisir. Santan kelapa yang lebih kental dioleskan pada rambut dengan menggunakan sisir bergerigi jarang dan biarkan selama sekitar 60 detik sebelum membilasnya dengan air memgalir dengan suhu 37°C.
  • Setelah selesai seraplah air dengan menekan nekan handuk. Jangan menggosok-gosokkan kepala dengan handuk dan biarkan kering secara alami.
  • Baca juga: cara menghilangkan keputihan

~semoga bermamfaat~

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter