-->

Cara atasi masalah keputihan pada perempuan ~Bilik Kesehatan~

Post a Comment


Jika rasa gatal yang berlebihan menyerang daerah intim anda, waspadai segera! Apakah ini gejala keputihan ? Keputihan (flour albus/pek tay) merupakan keluarnya lendir yang berlebihan di daerah vagina yang menyebabkan rasa gatal dan aroma tak sedap. Sebenarnya keputihan merupakan gejala normal biologis ataupum efek hormonal  saat menjelang mensturasi atau pada masa masa subur. Kelenjar didalam vagina dan leher rahim memang secara normal mengeluarkan sedikit cairan jernih atau berwarna agak keputihan yang tak beraroma. Cairan ini kemudian mengalir keluar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel mati yang semula menempel  dilapisan dalam vagina. Secara fosiologis hal ini merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vagin. Namun perlu dicermati lebih jauh karena efek gangguannya dapat terjadi pada alat kelamin dalam wanita tersebut akibat infeksi kuman seperti fungsi dan bakteri. Infeksi kuman biasanya ditandai dengan keluhan rasa gatal dan efek panas yang sangat mengganggu  (vaginitis) akibat keluarnya lendir kental berwarna putih sperti keju ataupun berwarna kehijauan dengan volume berlebih. Akibatnya daerah sekitar vulva terasa nyeri, terlebih saat  berkemih dan  saat melakukan seks.

Infeksi akibat fungsi patogen (candida albicans) dapat timbul akibat penggunaan  anti biotik yang tidak tepat, kondiai ibu hamil, efek diabetes, dounching ( teknik membasuh vagina) yang tidak dianjurkan ataupun pengaruh keringat yang berlebihan pada pakaian dalam  yang terbuat dari kain yang tak memiliki kemampuan menyerap dengan baik.

Infeksi akibat bakteri patogen ( gardnerella vaginalis) yang dikenal dengan bacterial vaginosis memang nyaris tanpa penyebab yang khas. Gangguan ini pada umunya ditandai dengan keluarnya cairan vagina kental berwarna putih, abu-abu, atau kekuningan dengan aroma ikan yang amis sangat tajam, timbul rasa gatal dan panas, hingga daerah vagina ataupun vulva membengkak kemerahan.


Sirih merupakan tumbuhan obat nusantara yang telah lama dikenal keampuhan antiseptiknya. Kasiatnya pun telah teruji secara klinis untuk setiap bagian tanamannya terutama masalah-masalah kebersihan organ kewanitaan.

Sirih merupakan spesies tumbuhan obat daerah tropis yang tergolong kedalam famili piperaceae. Pohonya tumbuh menjalar dan dapat memanjat pada batang pokok disekelilingnya. Daunya berbentuk agak membujur dengan ukuran panjang sekitar 10-15 cm dan lebar sekitara 8-12 cm. Sirih mengandung zat aromatik yang beraroma hangat dan menyengat.

Kasiat daun sirih

  • Daun sirih telah berabad-abad dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat antiseptik (fungisida dan bakterisida) dengan kandungan fenol yang berdaya kerja lima kali lebih aktif dibandingkan senyawa fenol biasa.
  • Komposisi bahan aktifnya terdiri dari eugenol (sebagai antiseptik untuk membasmi  Candida albicans), terpena ( beraroma pedas), kalsium nitrat, tanin (mengurangi sekresi cairan vagina), dan gula.
Penggunan daun sirih

1. Air rebusan 
  • Siapkan 12 helai daun sirih yang berwarna hijau, lalu rebus dalam 1 liter air suam.
  • Pisahkan daun sirih yang telah direbus, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh vagina.
  • Hunakan secara teratur hingga kasiatnya yang dapat menghilangkan gatal, bau dan merapatka kembali vagina dapat segera dirasakan.
2. Teknik berendam
  • Siapkan 12-15 helai daun sirih yang berwarna hijau, lalu rebus dalam 1 liter air 
  • Tuangkan air rebusan sirih tersebut kedalam bak rendam (bath up) atau bak mandi.
  • Gunakan untuk mandi secara teratur (minimal 7 hari) untuk membersihkan vagina hingga rasa gatalnya dan keputihan akan hilang.
  • Teknik berendam ini tentu saja tidak dilakukan pada saat haid.

3. Teknik semprot

  • Siapkan 10 lembar daun sirih segat namun cukup tua ( berwarna hijau)
  • Rebus daun sirih tersebut dalam 400  ml air hingga mendidih.
  • Diamkan beberapa saat hingga tidak tidak terlalu panas (cukup hangat) agar tidak mengiritasi daerah vagina saat penggunaan.
  • Siapkan botol semprot pelastik berukuran 500 ml yang telah diseterilkan atau di bilas air panas. Lalu tuangkan air daun sirih yang tersebut.
  • Gunakan pada daerah liang vagina dengan cara menyemprotkannya secara perlahan.
  • Penggunaan secara teratur dapat mengoptimalkan kasiatnya.
  • Baca juga👉 10 mamfaat lidah buaya



~semoga bermamfaat~

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter