-->

Cara alami menambah nafsu makan anak ~Bilik Kesehatan~

Post a Comment
Bangkitkan nafsu makan anak

Masalah susah makan mungkin pernah anda jumpai pada buah hati anda saat usian dini. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan anak di masa-masa keemasan yang menentukan kecerdasan otak anak.  Asupan gizi makanan yang seimbang yang seharusnya di konsumsi anak-anak sejak usia dini, menjadi terganggu akibat menurunnya selera makan mereka. Bagaimana cara mengatasinya ?

Banyak sekali produk-produk di pasaran yang di jual untuk menambah nafsu makan pada anak-anak, mulai dari minyak ikan, suplemen vitamin dan mineral, sampai produk herbal. Namun anda perlu cermat memilih produk penambah nafsu makan yang tepat dan relatif aman. Jika masalah nafsu makan ini teratasi dengan baik, berat badan anak tidak lagi bermasalah dan kecerdasan otak dapat meningkat pesat.


(Adas: Feoniculum vulgare/Anethum foeniculum)

Buah adas selain merupakan tanaman rempah untuk penambah cita rasa makanan dan minuman, juga bermamfaat untuk membangkitkan kurangnya nafsu makan. Kandungan kimia bahan aktifnya bersifat menetralkan  dan beraroma menyegarkan sehingga menggugah nafsu makan.

Tumbuhan adas yang tumbuh tegak merupakan spesies terna yang tergolong kedalam famili Apiaceae/Umbelifera. Tinggi pohonya berkisar antara 0,5 m hingga 3 m dengan kondisi batang yang teratur. Daun tumbuhan ini bertipe menyirip dan berseludang, berwarna putih. Penataan bunga berwarna kuning menyerupai payung yang terdiri dari 6-40 tangkai. Buah adas berrusuk-rusuk sangat nyata dengan ukuran panjang 4-6 mm, berwarna hijau (buah muda) hingga abu abu (buah tua). Bagian tumbuhan adas yang banyak d gunakan adalah bagian daging buahnya. 

Kasiat Buah Adas

  • Minuman herbal adas berkasiat untuk menetralkan dan menciptakan aroma yang menyegarkan dengan rasa mirib Kamper.
  • Kandungan kimia buah adas meliputi: minyak atsiri limonaena, minyak lemak, stimasterin, umbeliferona, gula, saponin, flavonoida  dan polifenol

Cara Pembuatannya :

  • Siapkan ramuan seduh masing-masing 2 gram buah adas, 3 gram rimpang lengkuas segar, serta 7 biji kedawung yang telah di sangrai.
  • Seduhlah ramuan tersebut dengan 110 ml air mendidih
  • Siapkan untuk diminum dua kali sehari (saat pagi dan sore hari) dengan takaran yang sama. Jika d komsumsi  untuk anak-anak buatlah takarannya sekitar 1/4 sampai 1/2 takaran sebelumnya.
  • Lakukan teknik ini selama 3 hari berturut-turut untuk segera dapat merasakan khasiatnya. 


~Selamat mencoba~

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter