-->

PERMAINAN BOLA KECIL (softball, bulu tangkis, dan tenis meja ) ~Bilik Pendidikan~

Post a Comment

PERMAINAN BOLA KECIL


Permainan bola kecil adalah jenis permainan dalam olahraga yang dapat dilakukan secara beregu maupun perorangan. Dalam permainan bola kecil menggunakan alat yaitu bola yang berukuran relatif kecil. Contoh permainan bola kecil  adalah softbal, bulu tangkis dan tenis meja.

PERMAINAN SOFTBAL

     Permainan softbal adalah olahraga beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan ini lahir di Amerika serikat, diciptakan oleh George Hancock di Kota Cikago pada tahun 1887. Softbal merupakan perkembangab dari olahraga sejenis, yaitu base bal dan  hardball. Permainan softbal disebut juga indor-baseball. Permainan ini dimainkan oleh dua regu/tim saling berlawanan. Setiap regu terdiri dari 9 orang pemain dan alam pemain terdiri atas 7 inning, yang setiap inningnya adalah setiap regu sekali menjadi regu jaga dan sekali menjadi regu pemukul/pelari. Pergantian regu pelari/pemukul menjadi regu lapangan/jaga apabila pihak regu telah dapat mematikan regu pemain regu pemukul sebanyak 3 kali. Cara mematikan lawan dapat dilakukan dengan men-tik, membakar base, menangkap bola langsung yang melayang di udara, bola tanpan tersentuh apapun sebelumnya setelah melakukan pukulan.

a. Teknik dasar permainan softball

 Dalam berlatih teknik bertujuan untuk menguasai dan melakukan unsur-unsur permainan secara baik. Adapun teknik dalam permainan softbal sebagai berikut:


  1. Lemparan untuk pitcher (pitching) adalah pemain yg membuka serangan kepada regu pemukul.
  2. Teknik menangkap bola untuk catcer, catcer adalah pemain yang menempati posisi belakang home base, yang bertugas menangkap bola yang di lemparkan pitcher terutama apabila bola tersebut tidak dipukul oleh pemukul atau yang dipukul tidak kena.
  3. Pelari base, untuk menjadi pelari base yang baik, ia harus dapat berlari dengan cepat, dapat berhenti tiba tiba dan membalik dengan cepat dan dapat melakukan sliding dengan cepat.
  4. Teknik sliding adalah suatu cara untuk menyentuh base dengan cara menjatuhkan badan sambil menjulurkan kaki atau tangan kearah base.
  5. Posisi jaga , posisi jaga para pemain menempatkan dirinya sesuai dengan tugas masing-masing. Setiap penjaga mempunyai kode nomor masing-masing sesuai dengan kedudukan posisinya.

PERMAINAN BULU TANGKIS

 permainan bulu tangkis merupakan permainan yang dapat dilakukan satu lawan satu (pemain tunggal) dua lawan dua (pemain ganda) dengan menggunakan raket sebagai pemukul dan kok sebagai objek pukul agar tidak jatuh di daerah sendiri. Tujuan permainan adalah mengumpulkan poin angka/poin 21 dalam satu game.


PERMAINAN TENIS MEJA

     Permainan tenis meja merupakan suatu permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua orang, satu lawan satu (untuk permainan tunggal), dua lawan dua (untuk permainan ganda). Dalam permainan tenis meja yang perlu di perhatikan adalah pukulan. Dalam.permainan tenis meja terdapat beberapa gerak pukulan dasar, seperti push, drive, tospin dan servis


Pukulan push merupakan pukulan bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka. Push biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan pukulan push itu sendiri dan pukulan pukulan chop.

Drive merupakan teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dalam keadaan tertutup. Pukulan drive dapat digunakan untuk pukulan serangan dan kontrol sesuai dengan keinginan pemain.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter