-->

40 SOAL ULANGAN BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 DAN KUNCI JAWABAN

Post a Comment

 

SOAL PAS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 

I. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari pernyataan-pernyataan di bawah ini!

Bacalah teks deskripsi berikut untuk menjawab soal no. I sampai dengan no. 5!

Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini berada di pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan Kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao, Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yangdatang.

Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis ramah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan pelitur, kayu rumah Tongkonan tetap awet hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu.

Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan g; bagi depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai arsitek yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga

1.  Tujuan teks deskripsi di atas adalah mendeskripsikan....
A. tongkonan merupakan rumah adat bagi masyarakat Toraja sebagai warisan budaya.
B. rumah adat yang terbuat dari bahan kayu yang bagus dengan hiasan indah.
C. rumah tersebut tidak perlu di vernis maupun di sirlak sampai ratusan tahun lamanya.
D. kita bangga kalau tinggal di tanah Toraja karena memiliki rumah yang unik.

2. Teks di atas merinci tentang...
A. bahan kayu, ukiran rumah, hiasan atap.
B. harga rumah dan proses membuatnya.
C. lokasi tanah, rumah adat, hiasan tanduk. D. proses pengukuhan Tongkonan sebagai ikon buat Indonesia.

3. Kesan umum pada paragraf penutup teks di atas adalah...
A. kita harus bersedia apabila memiliki ramah adat yang jauh tapi unik dan indah.
B. kita menerima bahan rumah Tongkonan dinobatkan sebagai rumah adat Toraja.
C. kita harus memahami bagaimana proses pembangunan rumah adat yang kaya dengan hiasannya.
D. kita merasa bangga, Indonesia memiliki warisan budaya yang tinggi dan wajib menjaganya.

4. Pada teks berikut ini terdapat contoh majas yang sesuai dengan isi teks deskripsi di atas...
A. rumah adat tersebut dibuat dari bahan-bahan kayu berkualitas bagus dengan hiasan unik.
B. ukiran yang ada di sekujur rumah itu menambah cantik penampilannya.
C. tongkonan didekorasi dengan hiasan tanduk kerbau yangditancapkan.
D. rumah tongkonan yang berjajar rapih dan indah seakan menyambut dengan ramah.

5. Ciri bagian identifikasi pada struktur teks deskripsi di atas adalah ...
A. merinci bagian-bagian yang dilihat.
B. pernyataan yang berisi tanggapan personal.
C. nama objek yang dibahas, lokasi, sejarah. D. simpulan umum atau tanggapan pribadi.

6 Manakah penggunaan kata “di” yang menunjukkan tempat...
A. didekorasi
B. dinobatkan
C. di Sulawesi
D. dimainkan

7. Cermati kalimat-kalimat di abwah ini!

a. Rumah adat itu terbuat dari bahan kayu kuat
b. Ukirannya menghiasi sekujur badan rumah
c. Jenis kayunya sangat berkualitas baik
d.Tongkonan juga didekorasi dengan sejumlah hiasan tanduk kerbau

Berdasarkan rincian kalimat di atas Secara struktur termasuk ke dalam
A. identifikasi
B. Deskripsi bagian
C. kesan umum
D. penutup

8. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapih nan indah, Kalimat di atas melalui panca indera kita seakan-akan...
A. merasakan langsung
C. melihat
B. mendengarkan
D. mencium

9. Kata di, dari, dan ke termasuk ke dalam tiga jenis kata ....
A. penghubung
B. imbuhan
C. depan
D. konjungsi

Bacalah teks deskripsi berikut ini!

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas merupakan salah satu pantai untuk berselancar terbaik di Pulau Jawa, dan ombaknya cukup terkenal di kalangan para peselancar. Pantai Batu Karas terletak di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang, sekitar 34 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari kawasan wisata Pangandaran.

Pantai Batu Karas terletak di antara dua bukit yang mengurungnya, sehingga pantai tersebut berbentuk setengah lingkaran.

Pantai ini sering dianggap sebagai perpaduan antara obyek wisata Batu Hiu dan Pantai Pangandaran karena pantainya yang kaya akan tebing dengan hamparan pasir serta ombaknya yang indah. Keberadaan tebing di sebelah kanan pantai, menciptakan jalur ombak yang panjang sehingga cocok untuk berselancar.

Ombak di Batu Karas tidak terlalu ekstrem, keadaan inilah yang membuat para peselancar pemula juga menggemari Batu Karas sebagai tempat mengasah kemampuan berselancar. Selain itu, arus laut yang tidak langsung mengarah ke pantai menjadikan area Pantai Batu Karas aman untuk berenang sekaligus melakukan olahraga air lainnya seperti Banana Boat.

10. Paragraf pertama kutipan teks di atas merupakan bagian identifikasi teks deskripsi karena ...
A. Berisi gambaran umum dari pantai Batu Karas.
B. Berisi rincian dari pantai Batu Karas.
C. Berisi tanggapan subjektif penulis tentang pantai Batu Karas.
D. Berisi kesan penulis terhadap pantai Batu Karas.

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no. 11 dan 12!

Ruang kelas kami luas dan menyenangkan. Ukurannya 6 x 8 m. Penerangan listrik di dalam kelas dapat digunakan pada waktu mendung dan malam hari. Lantainya terbuat dari keramik berwarna putih. Ruangan dalam kelas itu dicat warna hijau telur bebek. Meja dan kursinya terbuat dari kayu dan diplitur. Ruangan itu sangat tenang dan sejuk karena jauh dari jalan raya.

11. Paragraf tersebut merupakan pengembangan dari sebuah topik ....
A. Ruang kelasku luas dan menyenangkan.
B. Ruanganku jauh dari jalan.
C. Ruang kelasku berlantai keramik.
D. Fasilitas ruangan kelasku.

12. Kalimat utama paragraf tersebut terletak ....
A. di awal paragraf
B. di akhir paragraf
C. di awal dan akhir paragraf
D. menyebar ke seluruh paragraf

13. Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur diujung kakiku. Sebelum kuelus-elus, dia selalu menggangguku. Kalau waktunya makan, dia berputar-putar di depanku sambil mengibasngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

Kata sifat yang terdapat di dalam cuplikan itu adalah ....

A.sangat

B. malam

C. manja

D. selalu

14. Bacalah teks deskripsi di bawah ini!

Sekolahku indah. Aku senang berlama-lama di sekolah. Lingkungan sekolahku hijau dan rindang. Di belakang sekolah terdapat sebuah taman yang indah, hijau, rindang, dan mungil. Banyak tanaman hias di taman mini itu. Ada pot-pot tanaman yang bervariasi. Sepatu bekas bisa dijadikan pot yang indah dan menarik. Demikian pula barang bekas lainnya, seperti botol, kaleng, dan bekas tempat makanan bisa dijadikan pot yang indah. Selain jenis pot kreatif, banyak jenis tanaman yang segar, hijau, dan indah. Aku sering duduk di taman itu sambil membaca buku atau mengerjakan PR sambil menunggu kakak menjemputku. Taman sekolah itu kusebut taman mini Alba 10.

Teks deskripsi di atas menggambarkan tentang ....

A. sekolah
B. halaman sekolah
C. taman mini Alba 10
D. lapangan parkir

15. Bacalah kutipan teks deskripsi berikut!

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).

Struktur teks deskripsi yang sesuai dengan penggalan paragraf tersebut adalah ....

A. identifikasi
B. deskripsi bagian
C. simpulan/kesan
D. penutup 

16. Pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah....
A. Bersifat menceritakan.
B. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka.
C. Mengandung bukti dan kebenaran.
D. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan panca indra.

17. Cermati kalimat-kalimat berikut!

a) Ada pula yang berulat.
b) Keadaannya begitu kurus.
c) Pohon-pohonan itu meranggas.
d) Beberapa di antara pepohonan itu bahkan ada yang mati.
e) Jangankan berbunga, daun-daunnya pun hampir tidak ada.
f) Beberapa pohon tanaman hias di halaman rumahku tidak mau berbunga.

Susunan kalimat yang benar sehingga menghasilkan teks deskripsi yang padu adalah ....
A. (c)-(a)-(b)-(d)-(e)-(f)
B. (f)-(e)-(d)-(c)-(a)-(b)
C. (c)-(b)-(a)-(d)-(f)-(e)
D. (f)-(e)-(@)-(c)-()-(d)

18. Tujuan penulisan teks deskripsi adalah....
A. Menggambarkan ciri objek
B. Menceritakan pengalaman
C. Menjelaskan pendapat pribadi
D. Memengaruhi pembaca

19. Bacalah kutipan teks deskripsi di bawah ini!

(1) Setiap malam, berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa di Kecamatan Pracimantoro. (2) Segala macam tanaman sampai pohon petai cina yang sudah tua, habis digerogoti tikus. (3) Binatang piaraan seperti ayam, kambing, dan sapi, tidak luput dari serangan tikus yang ganas itu. (4) Apalagi, bahan makanan. (5) Memang itu yang dicari. (6) Habis tandas ditelan tikus. (7) Bahkan, penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan karena ketakutan. (8) Sampai sekarang, masih ada orang yang tidak mau pulang ke kampung halamannya.

Objek yang digambarkan pada teks deskripsi tersebut berkenaan dengan ....
A. keadaan waktu
B. peristiwa
C. tempat
D. orang

20. Cermati kutipan teks deskripsi berikut!

Saat mengunjungi rumah Joseph yang teduh, tak terlintas sedikit pun bahwa di dalamnya menyimpan koleksi tanaman unik. Ratusan jenis sukulen itu menyesaki pinggiran lantai atas rumahnya. Lorong-lorong sempit bagian atas rumah di luar kota Bogor itu penuh dengan aneka sukulen. 

Kalimat yang dapat ditambahkan pada penggambaran teks di atas adalah...
A. Beberapa sangkar burung menghiasi langit-langitnya.
B. Musik tradisional mengalun, datang dari arah tengah ruangan.
C. Ada beberapa pot tanaman di pojoknya dengan nuansa hijau.
D. Kesan sejuk kian terasa manakala melihat lukisan binatang buas di ruangan

21. Di bawah ini merupakan ciri cerita imajinasi, kecuali....
A. latar lintas ruang dan waktu
B. bersifat nyata
C. terdapat keajaiban/kemisteriusan
D. tokoh memiliki keajaiban/keunikan

22. Amanat dalam sebuah cerita adalah.... A. rangkaian peristiwa dalam cerita
B. pemeran dalam cerita
C. Permasalahan pokok dalam cerita
D. Pesan yang disampaikan pengarang

23. Dengan tergesa Andi menuju perpustakaan sekolahnya. Tugas dari guru Bahasa Indonesia harus dikumpulkan siang nanti jam ke-7. Padahal dia belum membaca sama sekali buku biografi yang ditugaskan. Watak tokoh dalam kutipan cerita di atas adalah...
A, rajin
C. malas
B. disiplin
D. tekun

24. Struktur teks cerita imajinasi yang benar, ialah...
A. Identifikasi — Orientasi — Resolusi
B. Orientasi — Resolusi — Klimaks
C. Komplikasi — Klimaks — Resolusi
D. Orientasi —Komplikasi — Resolusi

25. Dalam struktur cerita narasi, pengenalan nama tokoh, latar, dan konflik merupakan bagian....
C. orientasi
A. identifikasi
B. komplikasi
D. resolusi

26. Bagian komplikasi pada cerita fantasi memuat....
A. pemunculan masalah, masalah memuncak
B. pengenalan latar
C. pemecahan masalah
D. kesimpulan, penutup

27. Bacalah kutipan teks berikut! Setetes air mata pun jatuh dari wajah sang ratu. Tak sepatah kata pun terdengar dari bibirnya,
kamar megah terasa sunyi. Kutipan teks cerita tersebut, menunjukkan adanya...

A. latar kosong
C. latar tempat
B. latar waktu
D. latar suasana 

Cermati kalimat di bawah ini untuk menjawab soal no. 28 dan 29!

Tanpa diduga lemari tua ternyata sudah lama pintunya terbuka, tiba-tiba langsung menyeret saya ke dalamnya, sampai akhirnya saya sudah berada di zaman kerajaan tempo dulu.

28. Ungkapan keterkejutan terdapat pada kata...
A. tanpa diduga
C. sampai akhirnya
B. tempo dulu
D. ternyata sudah lama

29. Ungkapan keterkejutan pada cerita berfungsi untuk...
A. mengakhiri cerita
C. memecahkan masalah
B. mengawali konflik
D. mengenalkan tokoh

30. Penulisan bahasa dialog yang benar berikut ini adalah...
A. “ Kau mau ke mana Erja?
C. “Kau harus membawanya kembali!”
B. kau akan ku laporkan kepada Polisi”!
D. kau, Sungguh serius?”

31. Cerita imajinasi dapat diidentikkan dengan ....
A. hal-hal mistis yang dikaitkan dengan keagamaan
B. tokoh-tokoh yang selalu membutuhkan pertolongan
C. latar yang hanya terbatas pada dunia lain
D. hal-hal gaib dan futuristik atau berbau masa depan

32. Urutan struktur teks cerita imajinasi yang tepat adalah ....
A. Orientasiresolusi ~ komplikasi
B. Orientasi — komplikasi — resolusi
C. Orientasi — konflik — resolusi
D. Orientasi ~ konflik — reorientasi

Bacalah kutipan teks di bawah ini!

Pada sebuah desa yang damai, hiduplah dua saudara kembar yang memiliki kekuatan sihir. Mereka adalah Niko dan Joko. Walaupun mereka saudara kembar, tetapi watak keduanya amatlah berbeda drastis. Niko begitu sombong dan angkuh sedangkan Joko adalah anak yang baik hati. Adapun Niko mempunyai keistimewaan, yaitu menguasai sihir lebih banyak sehingga dengan sombongnya selalu memamerkan kemampuannya.

33. Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan teks di atas adalah ....
A. orang pertama
B. orang kedua
C. orang ketiga
D. campuran 

Cermati kutipan teks berikut!

Di sebuah desa, hiduplah pemuda miskin dan sebatang kara. Dia tidak mempunyai harta benda kecuali gubuk yang telah rapuh peninggalan orang tuanya. Untuk menghidupi dirinya, pemu.. tersebut selalu mencari bakar di hutan lalu dijualnya atau ditukarnya dengan kebutuhan pokok lainnya. Walaupun hidup serba kekurangan, tetapi pemuda tersebut sangat baik hati dan penyabar.

34. Alasan kutipan teks di atas merupakan bagian dari orientasi pada struktur teks cerita imajinasj adalah ...
A. Kemunculan sebuah masalah dalam cerita.
B. Memperkenalkan tokoh dan latar dalam cerita.
C. Penyelesaian masalah dalam cerita.
D. Pesan yang dapat diambil dari cerita,

35. Bacalah kutipan cerita berikut! Dari barat terlihat hujan anak panah menyerbu pasukan Sir Thomas. Banyaknya anak panah menutupi matahari oranye yang mulai tenggelam, hingga kegelapan datang lebih cepat.
Latar waktu kutipan cerita tersebut adalah ....
A. sore hari
B. malam hari
C, siang hari
D. pagi hari

36, Bacaluh kutipan teks dl bawah ini !
(1) Harry Potter tinggal bersama sepupunya yaitu Keluarga Dursley dan sepupunya Dudley Dursley di Privet Drive Inggris. (2) Hidupnya selama hampir 1 tahun dijalani dengan sangat menyenaskan, (3) Paman, bibi, dan sepupunya sama gekali tidak menyukai keberadaannya di keluarga mereka, (4) Namun, sebuah surat atau tepatnya ratusan surat yang dikirimkan kepadanya tepat menjelang ultahnya yang kescholas, telah membuat hidupnya berubah.”

Kalimat yang menunjukan cirl teks Imajinasi/fantasi terdapat pada kalimat nomor ...
A (I)
B.(2)
C. (3)
D.(4)

37. Bacalah cuplihan teks di bawah ini !

Minuyy peg) yang cerah, Ardi, Handi, dan Dani berada di Candi Trowulan. Mereka morupakan siswa  pilihan dari sebuah SMP yang sedang melakukan tugas pengamatan untuk karya ilmiah remaja. Di tengah keramaian orang yang sodang berwisata, moreka sibuk monyelesaikan loporannya.

Dalam struktur teks cerita imajinasi,  cuplikan tersebut termanuk bagian ..
A. Abstrak
B. Orientasi
C. Komplikasi
D. Resolusi

1) "Belum cukup, kalian semua harus menambahkan jawaban lagi dengan benar untuk dapat ’ dikembalikan ke tempat semula,” laki-laki itu semakin mendekat. (2) Ketiga anak itu berpikir untuk mengungkapkan hal terbaik apa yang telah diperbuat selama ini. (3) Setelah satu jam berpikir keras, Handi membuka pembicaraan.

Kalimat yang menggunakan keterangan waktu ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (2) dan (3)

39. Bacalah cuplikan teks cerita berikut!

Tiga rumah bergaya kerucut menyambut mataku. Ketika aku memandanginya satu persatu, ternyata rumah itu memiliki model yang sama. Hanya satu hal yang membedakan ketiga rumah itu. Warna pintunya. Setiap pintu mengikuti gradasi warna seperti yang kulihat di custom colour laptopku.

Berdasarkan isinya, cuplikan tersebut selayaknya ditempatkan pada bagian ...
A. orientasi
B. komplikassi
C. resolusi
D. koda

40. Cermati kutipan teks cerita berikut! Alien itu berhidung mancung. Dengan hidungnya yang menjulang, ia mengendus sekeliling. Sepertinya, ia bingung dan mencoba mengenali tempatnya yang baru. Matanya yang sebesar biji kemiri berkedip-kedip memamerkan matanya yang kehijauan. Aku tahu dia bukan manusia sepertiku. Tapi, ia datang bukan untuk mengganggu.

Dalam struktur teks cerita imajinasi, cuplikan tersebut termasuk bagian ....
A. komplikasi
B. resolusi
C. evaluasi
D. Orientasi


B. KUNCI JAWABAN

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter