-->

ALAT, BAHAN DAN TEKNIK BERKARYA SENI PATUNG-SENI BUDAYA KELAS 9

Post a Comment

 



A. ALAT DAN BAHAN BERKARYA SENI PATUNG

1. Bahan Keras 

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat patung adalah bahan keras. Bahan keras dapat berupa kayu, batu cadas atau andesit, logam, gading, tulang, dan tanduk. Teknik yang digunakan untuk membuat patung dengan bahan keras adalah dengan teknik pahat, kecuali bahan yang terbuat dari logam. Sementara untuk membuat patung dengan bahan keras yang terbuat dari logam seperti perunggu, kuningan, emas; perak, tembaga, besi bisa dilakukan dengan teknik cor (bivalve dan a cire perdue), tempa, patri. 

2. Bahan Plastis 

Bahan lunak yang dapat digunakan untuk membuat patung antara lain tanah liat. semen. ptastisin, IiIin, bubur kertas, sabun, dan gips. Patung dari bahan plastis bisa dibuat dengan teknik membentuk. membutsir, mencetak, modelling, coiling, pijit, dan stabing 

Peralatan yang digunakan untuk membuat patung tergantung kepada bahan dan tekniknya. Alat-alat yang digunakan dalam mematung terdiri dari : 

1. Butsir, adalah alat bantu membuat patung yang terbuat dari bahan kayu dan kawat. Butsir digunakan untuk menghaluskan permukaan patung terutama yang berbahan lunak. 

2. Meja putar adalah meja untuk membuat patung dan dapat di gerakan dengan cara diputar, fungsinya untuk memudahkan dalam mengontrol bentuk dari berbagai arah. 

3. Pahat digunakan untuk mengurangi atau membentuk bahan batu atau kayu. Pahat ukir bentuknya bervariasi, terdiri dari pahat kuku (lengkung), pahat pengikat (lurus), pahat pengot. dan pahat kol. Satu set pahat ukir jumlahnya kurang lebih 32 buah. 

4. Palu kayu sebagai pelengkap pahat yang terbuat dari bahan kayu. 

5. Cetakan, yang terbuat dari bahan gips. Kegunaannya untuk mencetak karya patung dari bahan cair. Bentuk cetakan tergantung kepada model cetakan dan sedikitnya terdiri dari dua bagian pencetak dan diberi pengunci. 

6. Tang, merupakan alat untuk mengencangkan ikatan kawat atau untuk memotong ikatan kawat. Sendok adukan berfungsi untuk mengambil adonan dan menempetkanya pada kerangka patung. 

7. Alat las karbit atau listrik digunakan untuk menyambung bagian-bagian patung yang terbuat dari besi. 

B. TEKNIK BERKARYA SENI PATUNG

Teknik adalah segala macam cara atau ketrampilan yang digunakan dalam mengolah segala unsur bahan menggunakan peralatan menjadi sebuah karya seni rupa yang menarik. Ada beberapa macam cara untuk membuat patung diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Teknik pahat adalah teknik pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan menggunakan alat pahat. Teknik pahat termasuk teknik substraktif dan biasanya digunakan pada saat membuat patung relief dengan bahan dasar kayu dan batu. 

2. Teknik cor adalah teknik dalam membuat karya seni patung dengan membuat alat cetakan terlebih dahulu, kemudian menuangkan adonan yang berupa semen, gips. dan lain sebagainya sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan. 

3. Teknik butsir adalah teknik membuat patung dengan mengurangi dan menambah bahan. Teknik ini digunakan pada saat membuat keramik dengan bahan dasar tanah liat. 

4. Teknik cetak adalah teknik membuat karya seni patung dengan cara membuat cetakan terlebih dahulu. Biasanya teknik ini digunakan ketika membuat keramik dan patung dengan bahan dasar tanah liat dan semen. Kadang-kadang teknik ini juga digunakan pada bahan seperti emas, perak, Jade dan gading. 


C. TEKNIK MEMBUAT PATUNG

1. Patung bahan lunak

Teknik yang dugunakan adalah teknik pijat (membentuk) langkah-langkah pengerjaan sebagai berikut : 

a. Buatlah model patung bisa dari gambar yang dibuat sendiri atau gambar yang sudah ada  

b. Siapkan tanah liat/plastisin, butsir, air dan meja putar 

c. Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja putar, meja putar dipakai untum memudahkan kita membentuk sedikit demi sedikit sambil meja di putar. 

d. Pijat-pijat bahan hingga mendekati bahan yang diinginkan agar lebih mudah dengan cara basahi dengan air sedikit demi sedikit, dan dengan pemamatan sehingga jika bahan kurang bisa ditambah, sehingga bila berlebihan bisa dikurangi. 

e. Setelah terbentuk secara gelobal, sempurnakan bentuk dengan alat bantu butsir dan sempurnakan dengan pembentukan lebih detail atau sempurna dan dihaluskan. 


2. Patung Bahan keras 

Teknik ini  dengan cara dipahat/diukir, langkah langkah sebagai berikut : 

a. Buatlah model patung bisa dari gambar yang dibuat sendiri atau dari gambar yang sudah ada dimajah atau Koran 

b. Siapkan balok kayu sesuai ukuran yang kita inginkan sesuai dengan rencana yang kita inginkan setelah itu pindahkan gambar/pola di atas permukaan balok kayu. 

c. Lakukan pemotongan dengan gergaji untuk mengurangi kalau masih terlalu besar, dan lakukan pembentukan sedikit demi sedikit dengan alat sehingga mendekat bentuk global. 

d. Buatlah bentuk global yang lebih detail, bandingkan dengan gambar rencana. 

e. Lanjutkan dengan membuat yang lebih detail/sempurna dan haluskan dengan amplas. 


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter