-->

SURGA DAN NERAKA MENURUT PANDANGAN AGAMA HINDU

Post a Comment


Ganesa, Tuhan Ganesha, Bahagia, Ganesha Kartun, Dewa
picture by pixabay.com

Surga dan neraka ialah keyakinan akan suatu hal yang gaib, yang tidak hanya berdasarkan semua yang terindra. Surga dan neraka adalah kepastian. Dua tempat ini diciptakan untuk dua golongan manusia yang berbeda. Surga untuk orang yang menjalankan perintah agama, sementara neraka tersedia leluasa bagi siapa yang melakukan laraangan agama. Saat di dunia, seseorang diberi opsi untuk memilih: masuk ke surga dengan melaksanakan sraddha dan bhakti, atau bergabung bersama dalam siksa neraka dalam kurun waktu tertentu. 

Surga adalah anugerah, Ia adalah kasih sayang, kenikmatan, kebahagaiaan, kekekalan dalam kebaikan, buah-buahan, minuman yang didambakan,bidadari, pangeran, istana, dan semua kebaikan yang dikehendaki bagi penghuninya. 

Sementara neraka adalah siksa, duka, lara, nestapa, sengsara, dan semua keburukan yang tak sedikitpun diinginkan atau dikehendaki oleh manusia manapun. Bahkan mereka yang berhak menghuninya, amat terpaksa menerima itu dan berkeinginan kuat untuk menghindar, meski keinginan itu sia-sia belaka. 

Sorga dan neraka merupakan metode untuk meyakinkan umatnya agar. mempunyai rasa takut untuk berbuat salah dan sebaliknya agar selalu untuk berbuat baik. Sorga digambarkan sebagai tempat yang penuh keindahan dan sangat menyenangkan; Dikatakan bahwa jika orang selalu berpikir, berkata, dan berbuat baik, maka setelah kematiannya maka ia akan masuk sorga dan dijemput dengan kereta emas dan disambut oleh bidadari serta apa saja yang diinginkan tersedia di sorga. Kemudian apabila ia lahir kembali ke dunia, maka kelahirannya disebut sebagai kelahiran Sorga ( Sorga Syuta ), dengan ciri-ciri rupawan, pandai. kaya, sehat Jasmam dan rohani, kaya, dan lain sebagainya. 

Neraka digambarkan sebaliknya. Neraka digambarkan sebagai tempat yang mengerikan, penuh dengan siksaan. Dan orang yang selama hidupnya selalu 'menipu, berpikir, berkata, dan berbuat jahat seperti merampok, mencuri, memfitnah, maka setelah meninggal Atmanya akan masuk neraka Oleh Sang Cakrabala akan dimasukkan ke Kawah Candra Gohmuka yang airnya mendidih. Jika kemudian lahir ke dunia, maka ia akan dinamakan kelahiran Neraka ( Neraka Syuta ), dengan ciri-ciri selalu susah dan menderita, buruk muka, bodoh, cacat, dan selalu dirundung masalah 

Di dalam Weda disebutkan mengenai keberadaan alam yang ada adalah alam Surga dan alam Neraka. Alam Surga adalah tempat para Dewa dan roh-roh suci yang Karmanya baik ketika masihhidup di alam manusia. Alam Neraka atau Neraka Loka adalah alam para Bhuta yang keadaannya penuh sesak berisi dengan orang-orang jahat. Neraka adalah tempat penghakiman roh-roh yang pada masa lalunya selalu berbuat Jahat. Menurut kitab Slokantara, ciri-ciri manusia yang lahir dari alam Surga adalah bagi wanita akan terlahir; cantik, bagi yang Iaki-Iaki akan terlahir tampan Bukan itu saja ciri-cirinya:  pemberani, berwibawa, baik hati, Ciri-ciri yang lain seperti bijaksana dermawan sehat lahir batin, tenang, suka belajar, lemah lembut berbudi pekerti luhur, tidak iri hati, tidak dengki, tidak sombong, tIdak angkuh, penyabar dan bijaksana. Dalam sarascamuscaya ada disebutkan: sebab menjadi manusia sungguh utama juga karena itu dapat menolong dirinya dari keadaan Samsara dengan jalan Karma yang baik. Demikian keistimewaan menjadi manusia 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter