-->

SOAL ULANGAN BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 K13 DAN KUNCI JAWABAN

Post a Comment

picture by pixabay


SOAL BAHASA INDONESIA

1. Teks yang menjelaskan tentang gambaran tentang suatu objek tertentu dimana seolah-oleh orang lain dapat merasakan, mendengar, bahkan merasa berada di tempat yang di bicarakan disebut dengan…

A. Teks eksposisi

B. Teks deskripsi

C. Teks narasi

D. Teks eksplanasi

2. Apa tujuan dari deskripsi bagian dalam teks deskripsi? 

A. menjelaskan sejarah objek.

B. penggambaran objek secara detail

C. identitas orang

D. penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek.

3. (1) Rangkaian koral di Laut Karimun Jawa berbagai bentuk dan beraneka ragam. (2) Ada koral berbentuk bunga berwarna krem dan merah muda, di tengahnya ada bintik-bintik menyerupai benang sari. Begitu elok koral-koral itu. (3) Di sisi lain ada karang dengan bentuk tumbuhan kaktus yang bergerigi, bercorak, biru, dan hijau. (4) Keindahan koral lebih lengkap dengan ikan-ikan kecil berwarna oranye di atasnya. (5) Luar biasa indah seperti lukisan dengan warna yang kontras. Tidak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat dan krem sungguh mirip jamur sesungguhnya.Kalimat utama teks deskripsi tersebut terdapat pada kalimat . . . .

A. Kedua

B. Pertama

C. Ketiga

D. Keempat

4. Gua peninggalan penjajahan Jepang tersebut tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut.Paragraf tersebut termasuk deskripsi . . . 

A. Objektif

B. Orang

C. Tempat

D. Waktu

5. Aku terhenyuh melihat Pak Sabdy meraung di atas makam anaknya. Bulir-bulir air mata deras turun. Bagai air terjun di pegunungan yang deras turun tanpa henti. Tak sampai hati aku melihatnya. Sampai tak terasa, beberapa bulir air mata menetes dari mataku. Perasaan atau suasana hati yang dideskripsikan oleh paragraf itu adalah . . . .

A. Gembira

B. Kebanggaan

C. Penyesalan

D. Kesedihan

6. Berikut ini adalah struktur teks deskripsi. Kecuali. . . 

A. Koda

B. Penutup/simpulan

B. Deskripsi bagian

D. Identifikasi

7. Ridwan adalah anak yang paling boros di kelasnya. Sinonim kata boros adalah. . . . 

A. Suka menabung

B. Irit

C. Hemat

D. Senang berfoya-foya

8. Taman depan rumahku terlihat sangat sederhana. Bentuk dan ukurannya yang tidak terlalu besar di buat bentuk yang menyerupai lingkaran. Di taman ini aku menanam bunga mawar, bunga kertas, bunga matahari, dan di bagian pinggir lingkaran ditanam bunga kerokot. Setiap hari aku merawat tanaman bunga dengan cara membersihkan rumput liar dan mrnyiram air setiap pagi dan sore. Pada teks di atas, hal yang menjadi objek untuk di deskripsikan adalah . . . 

A, Taman

B. Lingkaran

C. Rumah

D. Bunga

9. Hal yang paling awal dalam melakukan penyusunan teks deskripsi adalah . . . .

A. Menentukan rumusan

B. Menentukan tujuan

C. Menentukan topik

D. Menentukan kerangka karangan

10. Berikut adalah contoh judul yang tepat kalau kita ingin menulis karangan teks deskripsi . . . .

A.  Emon dan Kantong Ajaib

B. Kucingku yang Lucu

C. Laporan banjir di Tabalong

D. Membuat layang-layang

11. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Didagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.Struktur teks deskripsi di atas adalah . . . .

A. Koda

B. Deskripsi bagian

C. Simpulan

D. Identifikasi

12. Nono si Anak Rembulan, berangkat sendiri berlibur ke Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro. Ia selalu suka liburan di sana karena ia bisa bersepeda keliling Wlingi dan bermandi-mandi di Sungai Lekso yang menyegarkan. Latar tempat yang tergambar pada teks cerita fantasi tersebut adalah . . . .

A. Tempat tinggal Mbah Sastro

B. Wlingi

C. Sungai Lekso

D. Tempat liburan di desa

13. Berikut ini yang tidak termasuk ciri umum teks cerita fantasi, yaitu...

A. Bersifat nyata

B. Ide cerita dari khayalan/imajinasi penulis

C. Ada keajaiban/keanehan/kemisteriusan

D. Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu)

14. Dengan kesepatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu pukul 06.00 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.Latar waktu dalam kutipan cerita di atas terjadi pada . . . .

A. Pagi hari

B. Siang hari

C. Malam hari

D. Sore hari

15. Cerita fantasi bisa diilhami oleh latar nyata atau objek nyata dalam kehidupan tetapi diberi fantasi. Oleh karena itu, cerita fantasi bersifat. . . .

A. Fiksi

B. Faktual

C. Aktual

D. Nonfiksi

16. Berikut yang termasuk struktur teks fantasi adalah . . . .

A. Orientasi

B. Identifikasi

C. Alur

D. Deskripsi bagian

17. Suatu konsep cerita fiksi yang dimana didalam ceritanya mengandung suatu unsur imajinatif dari sang penulis merupakan pengertian dari . . .

A. Teks fantasi

B. Teks prosedur

C. Teks laporan observasi

D. Teks deskripsi

18. Sifat – sifat berikut yang termasuk cerita fantasi adalah . . . 

A. Bersifat formal

B. Bersifat realita

C. Bersifat fakta

D. Bersifat khayalan, angan-angan dan imajinasi

19. Pada saat yang sama peri kecil muncul sambil mengucurkan air mata. Dia mengaku bersalah dengan apa yang diperbuatnya. Dia sudah berbohong dan menuduh orang lain melakukan perbuatan jahat. Semua peri di negeri Fantasia merasa geram kepada peri kecil tersebut. Untungnya Ratu Peri menenangkan mereka dengan lembut. Tema teks cerita fantasi tersebut adalah . . . .

A. Keluarga

B. Keberanian

C. Kejujuran

D. Sosial

20. Minggu pagi yang cerah Ardi, Handi, dan Dani berada di Candi Trowulan. Mereka merupakan siswa dari sebuah SMP yang sedang melakukan tugas pengamatan untuk karya ilmiah remaja. Latar waktu teks cerita fantasi di atas adalah . . . .

A. Minggu pagi

B. Pukul 06.00

C. Candi Trowulan

D. Cerah

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter